olahraga

5 Hal Kemewahan Estafet Api Obor Olimpiade Paris 2024

Jakarta –  Olimpiade Paris 2024 akan dibuka di area Sungai Seine pada Jumat, 26 Juli 2024. Lebih dari 10 ribu atlet diperkirakan akan ambil bagian pada 329 pertandingan dalam Olimpiade Paris. Secara keseluruhan, akan ada 32 cabang olahraga serta 329 medali emas yang akan diperebutkan. Pesta olahraga dunia ini akan berakhir pada 11 Agustus 2024.

Seperti diketahui, Olimpiade Paris 2024 diawali dengan kegiatan khas, pawai estafet api obor Olimpiade atau Olympic Torch. Pawai estafet api obor Olimpiade Paris 2024 telah terjadi dimulai pada 8 Mei 2024 di tempat Marseille, Prancis Selatan. Lantas, bagaimana kemewahan estafet api obor Olimpiade Paris 2024?

1. Pembukaan dihadiri sekitar 600 pejabat

Dikutip dari Antara, inisiasi estafet obor Olimpiade Paris 2024 dihadiri sekitar 600 pejabat, dipimpin oleh Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou lalu Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach. Acara yang dimaksud menampilkan aktris-aktris sebagai pendeta kuno yang tersebut menghidupkan api Olimpiade dengan bantuan cermin parabola yang dipoles dalam Olympia, barat daya Yunani, tempat Olimpiade lahir pada 776 SM. Pembukaan diadakan di tempat reruntuhan Kuil Hera yang dimaksud berusia 2.600 tahun, dan juga menandai hitung mundur olimpiade. Obor yang dimaksud mengingatkan kembali pada olimpiade kuno, ketika api suci menyala sepanjang Olimpiade. 

2. Mengunjungi Seluruh Wilayah Perancis

Dikutip dari web Olympics, Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 mengunjungi seluruh wilayah Perancis dimulai pada April 2024. Estafet ini akan berlangsung selama tiga bulan. Api akan melintasi berbagai wilayah kemudian setidaknya satu wilayah di area luar negeri. Estafet Obor Olimpiade juga akan menawarkan kesempatan unik untuk menyoroti provinsi-provinsi di tempat Perancis, warisan budaya lalu savoir-faire-nya. Estafet Obor Olimpiade juga bertujuan untuk merayakan peran olahraga di masyarakat. Klub olahraga akan melibatkan selama estafet grup. Begitu pula kota yang mana berlabel “Terre de Jeux 2024”, terlibat di mengiklankan peran olahraga di hidup masyarakat.

3. Memperlihatkan Sejarah kemudian Warisan

Estafet obor Olimpiade Paris memperlihatkan karya arsitektur bersejarah seperti kota Napoleon La Roche-sur-Yon: Arras’ Grand Place, yang tersebut dikelilingi oleh fasad Barok dan juga Flemish megah. Ada juga distrik Katedral di dalam Limoges dan juga Chartres. Serta Strasbourg yang dimaksud banyak disebut sebagai ‘Ibukota Eropa’. Obor akan mengakhiri perjalanannya di area pusat kota Paris, menjamin untuk menampilkan kekayaan sejarah Pusat Kota Cahaya, termasuk koridor Nation-République-Bastille-Hôtel de Ville, Invalides, kemudian Manufacture des Gobelins. Adapun menghormati sejarah Perancis, api akan dinyalakan di tempat ibu kota pada 25 Agustus, untuk memperingati 80 tahun Pembebasan Paris selama Perang Planet II.

4. Melintasi Lima Samudra

Api Olimpiade mengunjungi enam wilayah luar negeri Prancis di dalam empat penjuru dunia, kemudian melintasi tiga dari lima samudra di dalam planet ini. Pertama, api akan menuju Guyana Perancis pada Samudera Atlantik (9 Juni 2024), Kaledonia Baru di area Samudera Pasifik (11 Juni), Pulau Reunion di dalam Samudera Hindia (12 Juni), Polinesia Perancis (13 Juni), Guadeloupe (15 Juni), juga terakhir Martinik di area Samudera Atlantik (17 Juni). Estafet melintasi Samudra ini akan dimulai dengan acara luar biasa. Adapun diantaranya melintasi Atlantik dengan menaiki Maxi Banque Populaire XI ke Pointe-à-Pitre.

5. Dibawa dengan kapal

Pada 27 April 2024, api obor yang dimaksud akan memulai perjalanannya ke Prancis dengan menaiki kapal yang dibuat pada abad ke-19. Kapal ini diperkenalkan semata-mata beberapa pekan pasca Olimpiade Athena pada 1896.

Sepuluh ribu pembawa obor Olimpiade Paris 2024 kemudian menyebabkan api yang disebutkan melintasi 64 wilayah Prancis. Obor api akan melakukan perjalanan melalui 400 kota dan juga puluhan tempat wisata sejauh 12.000 kilometer perjalanan melalui daratan Prancis serta wilayah Prancis di tempat luar negeri pada Karibia, Samudera Hindia serta Pasifik.

KHUMAR MAHENDRA | ANTARA | ISTIQOMATUL HAYATI | OLYMPICS
Pilihan editor: 

Related Articles

Back to top button