nasional

Profil Joppye Wayangkau, calon gubernur Papua Barat Daya 2024

Ibukota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Daya sudah pernah resmi mengumumkan bahwa Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau maju sebagai calon Gubernur Papua Barat Daya, berpasangan dengan Ibrahim Wugaje yang tersebut merupakan kepala suku Imeko pada Daerah Perkotaan Sorong sebagai calon perwakilan gubernur.

Pasangan ini diusung oleh tiga partai politik, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), lalu Partai Buruh pada Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Koalisi partai-partai ini telah terjadi memenuhi ketentuan ambang batas dukungan pengumuman yang dimaksud diperlukan untuk mencalonkan pasangan tersebut.

Letjen TNI (Purn.) Joppye Onesimus Wayangkau, pria kelahiran 17 Juli 1962, adalah tokoh militer yang dimaksud dikenal sebagai putra Papua pertama yang digunakan mencapai pangkat tiga bintang dalam lingkungan TNI Angkatan Darat.

Joppye memulai karier militernya pada tahun 1986 setelahnya lulus dari Akademi Militer (Akmil) Infanteri. Karier militernya terus tumbuh hingga mencapai jabatan tertinggi sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) pada tahun 2020 sebelum ia akhirnya pensiun.

Setelah pensiun dari militer, Joppye memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Papua Barat Daya. Pengalamannya pada bidang militer juga urusan politik saat ini menjadi modal kuat pada upayanya mencalonkan diri sebagai gubernur dalam Papua Barat Daya.

Pasangan Joppye-Ibrahim miliki tujuan untuk melakukan pembaharuan di dalam wilayah Papua Barat Daya khususnya di hal keamanan kemudian penangan banjir yang dimaksud banyak melanda pusat kota.

Related Articles

Back to top button