nasional

Profil singkat Elisa Kambu, calon gubernur Papua Barat Daya 2024

Ibukota Indonesia – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Daya mengumumkan bahwa Elisa Kambu resmi menjadi Calon Gubernur Papua Barat Daya yang digunakan berpasangan dengan Ahmad Nasrauw.

Meski sebelumnya berkas pendaftaran Elisa-Ahmad sempat dikembalikan oleh sebab itu belum memenuhi aturan terkait tanda tangan pengurus salah satu partai pengusung, mereka itu berhasil memenuhi semua aturan yang diperlukan sehingga pendaftarannya dinyatakan sah.

Elisa Kambu, pria kelahiran 12 Mei 1964 ini merupakan individu politikus dari partai urusan politik PDI-Perjuangan. Dia mengawali karier politiknya dengan mencalonkan diri pada Pilbup Asmat 2015 yang digunakan ketika itu berpasangan dengan Thomas Eppe Safanpo.

Elisa Kambu-Thomas Eppe Safanpo berhasil meraih kedudukan pertama pada Pilbup yang dimaksud dengan memperoleh 53% kata-kata sah, beliau kemudian resmi dilantik sebagai Pimpinan Daerah Asmat pada tahun 2016.

Maju dengan jabatannya sebagai Bupati, Elisa kembali berpasangan dengan Thomas Eppe Safanpo untuk mengikuti Pilbup Asmat pada tahun 2020. Pada pemilihan bupati tahun 2020 Elisa-Thomas diusung oleh 9 partai politik, yaitu PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Golkar, NasDem, PKS, PSI, PAN, lalu Partai Demokrat. Mereka berhasil meraih 55% pernyataan sah dan juga kembali dilantik menjadi bupati juga delegasi bupati Asmat pada tahun 2021.

Setelah dua periode menjabat sebagai Bupati, Elisa mengambil langkah yang tersebut lebih banyak besar yaitu mengikuti Pemilihan Kepala Daerah 2024 sebagai Calon Gubernur Papua Barat Daya. Kali ini Elisa berpasangan dengan Ahmad Nasrauw yang dimaksud merupakan ketua MUI Provinsi Papua Barat. Mereka diusung oleh tiga partai kebijakan pemerintah yaitu Partai Gerindra, PAN lalu PKB.

Related Articles

Back to top button