nasional

Alasan FBR Dukung Pramono Anung-Rano Karno dalam Pemilihan Kepala Daerah Jakarta: Kudu Jadi

Jakarta Forum Betawi Rempug (FBR) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno. Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Betawi yang disebutkan yakin Pramono kemudian Rano akan mengungguli dua kandidat lainnya pada waktu pemilihan mendatang.

“Sebagai ormas terbesar di dalam Jakarta, FBR menybratakan tak akan bersikap netral juga siap meraih kemenangan Mas Pramono juga Bang Doel. Dengan dukungan FBR, kami yakin Mas Pram lalu Bang Doel kudu jadi,” kata Ketua FBR, Lutfi Hakim, pada waktu membacakan naskah pemberitahuan di area bilangan Grogol Utara, DKI Jakarta Selatan, Ahad, 13 Oktober 2024. Bang Doel merujuk untuk nama peran yang tersebut disandang Rano Karno pada waktu membintangi series Si Doel Anak Betawi yang populer pada medio 1990-an.

Lutfi Hakim menyatakan peluncuran Rano Karno pada Pemilihan Kepala Daerah Ibukota Indonesia memberikan harapan terhadap warga Jakarta. Dia mengungkapkan Rano adalah sosok yang dimaksud mewakili aspirasi penduduk Betawi. Seain itu, kata dia, Pramono-Rano akan memperjuangkan eksistensi budaya Betawi.

“Bang Doel punya komitmen untuk memajukan kebudayaan Betawi juga itu tiada diragukan lagi lewat karya sinema Si Doel Anak Sekolahan yang digunakan mengangkat penduduk Betawi secara personal,” kata Luthfi usai acara pemberitahuan di area kawasan Grogol Utara, Ibukota Indonesia Selatan, Ahad, 13 Oktober 2024.

Rano Karno yang tersebut populer lewat tokoh si Doel, ujar Luthfi, telah terjadi menarik pilihan warga Jakarta. Dia mengklaim pasangan calon ini akan memenangi Pemilihan Kepala Daerah kemudian mampu mengangkat aspirasi warga Ibukota yang selama ini terabaikan.

“Karena pada waktu ini juga ke depan kami membutuhkan pemimpin yang tersebut melihatkan keberpihakannya terhadap warga Betawi sehingga mereka itu tidak ada lagi ketinggalan kereta atau seperti anak ayam kehilangan induk,” ujarnya.

Selain itu, Luthfi menyataan tidaklah meragukan komitmen Pramono Anung pada merancang Jakarta.  “Mas Pramono punya segudang pengalaman pada pemerintahan dan juga siap bekerja setelahnya dilantik,” katanya.

Sementara itu,  Pramono Anung menjanjikan FBR sebagai partner pemerintah bila terpilih dalam pemilihan gubernur 2024. Dia menilai FBR mengetahui seluk-beluk persoalan publik Betawi di tempat akar rumput, khususnya pada bidang pemajuan kebudayaan Betawi.

“Kalau ada kebijakan yang mana menyangkut tentang memajukan kebudayaan Betawi, bahkan bukanlah cuma urusan kebudayaan, tetapi juga urusan lain, kami akan meminta-minta masukan, saran dan juga pendapat FBR,” kata Pramono pada waktu berkampanye di tempat kawasan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Ibukota Indonesia Selatan, Ahad, 13 Oktober 2024.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga menilai FBR mengetahui persoalan di tempat berada dalam rakyat Betawi. Menurut Pramono, masukan yang dimaksud akan menjadi acuan bagi pemerintah di merancang kebijakan yang tersebut berpihak untuk semua kalangan. 

“Kalau Betawi ini mau maju, maka yang tersebut harus kami lakukan adalah menyelesaikan persoalan-persoalan dari bawah, yang mana paling merasakan tentu adalah masyarakat, khususnya penduduk Betawi,” katanya

LINDA LESTARI  I NANDITO PUTRA 

Related Articles

Back to top button