politik

Antisipasi Peretasan, Bawaslu Minta KPU Perbaiki Sirekap Jelang pemilihan kepala daerah 2024

JAKARTA – Badan Pengawas pemilihan (Bawaslu) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperbaiki Sistem Berita Rekapitulasi (Sirekap). Hal ini sebagai antisipasi permasalahan mendekati Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 .

Penegasan yang dimaksud disampaikan oleh Anggota Bawaslu, Herwyn Malonda, menyusul kejadian peretasan yang mana pernah menyasar server Pusat Angka Nasional (PDN) beberapa waktu lalu.

“Harus dibarengi dengan perbaikannya sistem, supaya sistem ini benar-benar akan membantu kita semua,” kata Herwyn disitir Awal Minggu (15/7/2024).

Menurut dia, Sirekap ini juga akan digunakan Bawaslu pada menjalankan fungsi pengawasannya. Oleh karenanya, ia memohon perbaikan sistem pada rangka menjaga keamanan Sirekap menjadi penting dilakukan.

“Termasuk membantu tugas Bawaslu, untuk memverifikasi misalnya pada hasil Pemilihan apakah sudah ada sesuai ketentuan itu bisa saja jadi data pembanding bagi kita. Kalo memang sebenarnya Sirekap berubah itu akan proses penanganan,” ujarnya.

Di sisi lain, Bawaslu juga menggalakkan agar Sirekap yang dimaksud akan digunakan di dalam pemilihan kepala daerah Serentak 2024 ini harus dibuat setransparan mungkin saja di rangka menghindari kecurangan.

“Supaya nantinya justru jangan informasi ini jadi disinformatsi atau menciptakan kegaduhan,” pungkasnya.

Back to top button