event

Apkasi Otonomi Expo serta Apkasi Procurement Network 2024 Terwujud Menarik Puluhan Ribu Pengunjung

Info Event – Asosiasi eksekutif Wilayah Seluruh Indonesia (Apkasi) berhasil mendatangkan puluhan ribu pengunjung ke pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) juga Apkasi Procurement Network (APN) Tahun 2024. Acara yang dilakukan dalam Hall A kemudian Hall B Gedung JCC Senayan ini berlangsung meriah, dengan berbagai side event menarik yang mana menjaga animo pengunjung tetap memperlihatkan tinggi hingga hari terakhir, Hari Jumat (12/7/2024).

Hari terakhir pelaksanaan pameran AOE serta APN 2024 dimeriahkan oleh berbagai acara menarik sejak pukul 10.00 Waktu Indonesia Barat hingga sore hari pada penutupan sekitar pukul 17.00 WIB. Salah satu acara yang tersebut paling dinanti adalah Fashion Show, di dalam mana para finalis Putri Otonomi Indonesia (POI) 2024 memeragakan busana rancangan desainer lokal, termasuk koleksi dari Polire. Acara ini semakin meriah dengan penampilan Menteri Pemuda dan juga Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, yang digunakan turut menyaksikan segera dalam area panggung.

“Acara seperti ini tentu sangat penting bagi partisipan pameran untuk meningkatkan penawaran peluang unggulan daerah, termasuk memberikan kesempatan terhadap anak muda, putra-putri area untuk tampil membawakan kreativitas dia seperti menampilkan tarian seni budaya. Ini adalah harus kita apresiasi untuk seluruh pemerintah tempat yang mana telah lama memberikan kesempatan untuk putra-putri area tampil di area event sebesar ini,” ujar Menpora Dito.

Menpora juga mengapresiasi Apkasi dan juga jajaran Dewan Pengurus Apkasi juga pemerintah tempat yang sangat kompak menyelenggarakan pameran iklan peluang daerah. “Pastinya kita sangat mengapresiasi, di tempat mana Ketum Apkasi sudah ada rutin memproduksi Apkasi Otonomi Expo. Kita dapat mengamati bagaimana perkembangan kemajuan kabupaten se-Indonesia. Yang paling penting adalah bagaimana seluruh bupati, seluruh kepala dinas, serta jajarannya pada di sini bisa jadi menjadi turnamen konferensi lalu saling bertukar informasi maupun opportunity,” tambah Menpora Dito.

Menteri Wisata lalu Perekonomian Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, juga mengirimkan video ucapan juga dukungan pada penutupan pameran AOE dan juga APN 2024. Sandiaga mengapresiasi Apkasi yang dimaksud concern serta berikrar kuat di mendirikan area melalui berbagai iklan kemungkinan daerah, termasuk memacu pemanfaatan sistem digital seperti e-catalog LKPP untuk membantu inisiatif digitalisasi pemerintah.

“Selamat bagi seluruh jajaran Pengurus Apkasi yang tersebut sudah berhasil melaksanakan pameran Apkasi Otonomi Expo 2024 dan juga Apkasi Procurement Network Tahun 2024. Acara ini kita harapkan mampu meningkatkan strategi, termasuk optimalisasi berbagai penawaran komoditas unggulan wilayah dan juga UMKM daerah, juga pemanfaatan digitalisasi serta pemanfaatan media digital seperti e-catalog LKPP. Saya berharap, kolaborasi pentahelix terus kita manfaatkan untuk meningkatkan perekonomian tempat serta UMKM,” papar Sandiaga Uno.

Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyampaikan apresiasi dan juga terima kasih untuk seluruh partisipan serta pengunjung yang mana turut memeriahkan acara tahunan Apkasi. “Rakernas kemudian pameran berjalan dengan baik. Saya menyampaikan rasa syukur kemudian terima kasih terhadap seluruh jajaran Apkasi yang digunakan sangat membantu acara ini. Saya juga mengapresiasi seluruh kontestan eksibitor yang mana telah lama memberikan warna-warni, sehingga setiap stand terlihat menarik. Saya berharap tahun depan kita sanggup melaksanakan acara yang mana lebih lanjut meriah,” tegas Kepala Kabupaten Dharmasraya ini.

Bendahara Umum Apkasi, yang digunakan juga Kepala Daerah Serang, Ratu Tatu Chasanah, pada sambutan penutup pameran AOE kemudian APN 2024, menyampaikan rasa syukur menghadapi kelancaran acara. “Alhamdulillah, laporan yang mana saya terima, pelaksanaan pameran AOE serta APN 2024 berjalan lancar. Saya berharap, tempat mendapatkan pelajaran berharga dari pameran ini, baik persoalan pemasaran kemungkinan daerah, termasuk pengetahuan tentang e-catalog LKPP yang harus kita membantu untuk memajukan perusahaan di negeri melalui Taraf Kandungan Dalam Negeri (TKDN), termasuk memberikan prospek bagi UMKM pada pengadaan barang/jasa pemerintahan,” tegasnya.

Ajang Pentas Seni Budaya dari Berbagai Daerah

Sejak pukul 10.00 WIB, area panggung utama pameran AOE serta APN 2024 padat pengunjung yang mana ingin menyaksikan penampilan perwakilan tempat membawakan berbagai tarian dan juga fashion show di Wastra Nusantara. Para finalis Putri Otonomi Indonesia memukau pengunjung dengan atraksi catwalk membawakan koleksi brand Polire.

Puluhan putra-putri dari berbagai area menampilkan tarian khas masing-masing juga berhasil memukau beratus-ratus penonton. Para penari yang tersebut didatangkan dengan segera dari tempat ini menjadikan event pameran Apkasi sebagai kesempatan untuk unjuk gigi serta menambah pengalaman tampil dalam panggung-panggung skala nasional.

Selama hampir dua jam, penonton disuguhi tarian indah dan juga menawan dari berbagai tempat yang ditampilkan secara profesional. Tarian-tarian ini termasuk ‘Labuhan Merapi’ dari Daerah Sleman, ‘Merudung Pebatun de Bernuansa’ dari Kota Bulungan, ‘Mawurake’ dari Kota Morowali Utara, ‘Gamparan Belapati’ dari Wilayah Serang, ‘Pineng Ngerabung Sanggagh’ dari Daerah Lampung Tengah, ‘Tatak Manapu Kopi’ dari Daerah Pakpak Bharat, ‘Purnamasari Pakuan Pajajaran’ dari Kota Bogor, lalu ‘Wiwi Ndahi’ dari Kota Kolaka.

Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang, yang juga Ketua Panitia Pelaksana event, menjelaskan bahwa animo partisipan dari wilayah sangat tinggi sehingga pihaknya harus membatasi jumlah keseluruhan peserta. “Kami berharap, panggung untuk generasi muda nantinya semakin terbuka dan juga para muda-mudi mendapatkan kesempatan tampil di mengiklankan budaya daerahnya,” jelas Sarman.

Dalam laporannya pada waktu penutupan AOE kemudian APN 2024, Sarman juga memaparkan bahwa berbagai side event yang tersebut dilaksanakan Apkasi mendapatkan apresiasi dari pengunjung juga eksibitor. “Apkasi terus mencoba mengkaji berbagai side event yang pas serta tepat untuk pengunjung, dan juga memberikan pengalaman kemudian pengetahuan bagi pengunjung maupun eksibitor dari pemerintah daerah. Inovasi serta kreativitas akan kami lakukan sehingga AOE serta APN tetap memperlihatkan menjadi event pameran kemungkinan area terbesar di area Indonesia,” papar Sarman.

Berdasarkan data akses kemudian registrasi dalam pintu masuk, total pengunjung pameran AOE lalu APN 2024 hingga hari terakhir mencapai 10.000-an pengunjung. Apkasi tahun ini juga memeriahkan pameran dengan pengundian doorprize dengan hadiah utama sepeda gowes motor Honda serta puluhan hadiah lainnya seperti AC, smartphone, smartwatch, hingga tablet terbaru. Selain itu, Apkasi mengumumkan pemenang Anugerah Jurnalistik Apkasi 2024 kategori media cetak serta media online, dan juga pemenang video kreatif kemudian Stand Terbaik untuk AOE dan juga APN 2024. (*)

Back to top button