Buronan Chaowalit Thongduang Bakal Diterbangkan ke Thailand Sore Ini

ABIDINTOTO.NEWS –  Buronan Chaowalit Thongduang Bakal Diterbangkan ke Thailand Sore Ini akan dikawal 10 Anggota Polri dengan pesawat khusus Royal Air Force. Polri bakal segera melakukan proses ekstradisi atau pemulangan tersangka buronan nomor satu, Chaowalit Thongduang ke Thailand sore ini dalam rangka proses peradilan oleh aparat penegak hukum Thailand.

“Jam 3 dari Soetta,” kata Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti saat dikonfirmasi, Selasa (4/6/2024). Krishna menjelaskan dalam proses pemulangan Chaowalit Thongduang ke Thailand nantinya akan dikawal 10 Anggota Polri dengan pesawat khusus Royal Air Force dari otoritas Thailand.

Read More

“Buronan satu Thailand, dikawal 10 anggota Polri (Gabungan Hubinter dan Bareskrim Polri). Dijemput pesawat khusus dari Bangkok,” jelasnya.

Sekedar informasi Chaowalit Thongduang berhasil ditangkap di sebuah apartemen di kawasan Kabupaten Badung, Provinsi Bali beberapa hari lalu oleh jajaran Polri.

Penangkapan dilakukan berdasarkan hasil penerbitan red notice interpol yang dimintakan oleh kepolisian Thailand atas sederet rekam jejak kriminal dari Chaowalit Thongduang.

Dimana saat persidangan di Pengadilan Phatthalung, Chaowalit divonis 20 tahun enam bulan pada Januari 2022. Dia didakwa berkolusi dengan empat orang lain untuk mencoba membunuh seorang asisten pengadilan dengan hukuman seumur hidup.

Kemudian, Chaowalit di pindahkan ke penjara Nakhon Si Thammarat. Di penjara, dia sempat jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit Rumah Sakit Maharaj Nakhon Si Thammarat. Namun, pada 22 Oktober 2023 dia malah melarikan diri.

Selanjutnya, Polisi melacak sempat menemukan Chaowalit ke tempat persembunyiannya di pegunungan Banthad di Trang pada 8 November. Dalam pertemuan ini, sempat terjadi baku tembak hingga dia berhasil melarikan diri kembali sampai akhirnya tiba di Indonesia, sejak Desember 2023.

Pentingnya Chaowalit Thongduang

Sementara itu, Otoritas Pemerintah Thailand bisa bernapas lega setelah kerjasama police to police dengan Polri akhirnya berhasil menangkap Chaowalit Thongduan alias Pang Na-Node alias Sulaiman.

Secretary-General of the office of Narcotics Control Board Pol LT, General Phanurat Lukboon pun menyampaikan terimakasih kepada pihak Polri atas hasil penangkapan tersebut.

“Ya saya dapat tugas dari Kementerian Thailand (untuk mewakili). Terimakasih kepada pihak polisi Indonesia, tertangkap Chaowalit Thongduang,” kata Phanurat dalam bahasa Thailand yang diterjemahkan ahli bahasa saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Minggu 2 Juni 2024.

Phanurat mengatakan alasan pentingnya bagi Thailand menangkap Chaowalit Thongduan, karena terkait dengan kepercayaan publik. Sebab sepak terjang kriminal dari buronan kelas satu Thailand itu telah meresahkan masyarakat.

Bandar Narkoba

Dimana tercatat kalau Chaowalit Thongduan merupakan bandar narkoba yang telah dijatuhi hukuman. Namun berhasil melarikan diri, dengan aksi pembunuhan terhadap aparat penegak hukum.

“Sampai hari ini berlaku 222 hari (pelarian Chaowalit Thongduan). Kasus itu membuat rakyat tidak percaya kepada pekerjaan polisi yang tidak bisa dipercayakan. Polisi negara Thailand menjadikan tertangkap ini jadi orang yang harus penting ditangkap,” tuturnya.

Dengan begitu, Phanurat menegaskan pentingnya kerjasama internasional dalam pemberantasan peredaran narkoba yang telah menjadi kejahatan transnasional.

“Masalah narkoba menjadikan masalah yang kita harus bercampur tangan sama negara lain. Terima Kasih kepada bapak Direktur Kepolisian Negara Indonesia yang membantu sampai tertangkap tersangka ini,” tutur dia.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *