Surya Paloh Mengaku Sedih, SYL Pakai Duit Kementan

Surya Paloh Mengaku Sedih, SYL Pakai Duit Kementan-abidintoto.news
Surya Paloh Mengaku Sedih, SYL Pakai Duit Kementan-abidintoto.news

Abidintoto.news Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh akhirnya buka suara soal kasus korupsi mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL)

SYL yang merupakan kader partai NasDem ditetapkan menjadi tersangka setelah diketahui menyalahgunakan anggaran Kementerian Pertanian saat SYL menjabat. SYL menggunakan uang negara tersebut untuk keperluan sunatan, makan sehari-hari , hingga ulang tahun terungkap dalam persidangan.

Read More

Surya Paloh mengaku sedih mendengar fakta tersebut. Dia pun menegaskan tidak tahu menahi perihal kelakuan SYL .

“Saya nggak tahu betul-betul itu. Dan itu saya sedih aja kalau ada hal-hal seperti iyu, ” kata Paloh kepada wartawan di Akademi Bela Negara (ABN), Jakarta Selatan (Jaksel ) .

Paloh tidak habis pikir dengan kelakuan SYL dan kasus ini muncul di saat partainya sibuk mengkampanyekan politik tanpa mahar.

“Kita sedang sibuk mengampanyekan politik tanpa mahar. Ini kan juga bukan hanya sekadar retorika ya, jadi memang tidak ada kesempurnaan saja, apalagi kicik-kicik (kecil-kecil) begitu,” ujarnya.

Dia pun mengaku mampu membayar uang apabila SYL meminta kepadanya. Sayangnya, SYL tak melakukan itu. Paloh pun menyayangkan hal tersebut dan berharap hal ini menjadi pelajaran yang bagus untuk SYL.

“Saya sendiri masih mampu untuk bayar-bayar begitu kalau memang diminta, sayang saja, kalau ada…Saya nggak tahu apa di balik itu dan sebagainya, mudah-mudahan ini jadi pembelajaran yang bagus,” kata Paloh.

Dari persidangan, diketahui SYL menggunakan anggaran Kementan untuk sunatan cucu, uang jajan istri hingga membayar kartu kredit. Kemudian, ada dugaan juga yang mengungkapkan SYL melakukan pemerasan untuk membiayai umroh hingga kurban.

SYL telah ditetapkan sebagai tersangka bersama eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, dan mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta. Ketiganya terjerat kasus gratifikasi. Namun demikian, kasus ini bisa diperluas hingga tindak pencucian uang dan pemerasan melihat perkembangan persidangan.

 

Source : CNBC

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *