4 Manfaat Air Rebusan Jagung Bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Kolesterol hingga Gula Darah

4-manfaat-air-rebusan-jagung-bagi-kesehatan-bantu-turunkan-kolesterol-hingga-gula-darah

ABIDINTOTO.NEWSJagung menjadi salah satu bahan makanan yang kaya akan karbohidrat. Oleh karena itu, banyak individu yang memanfaatkan jagung sebagai pengganti nasi. Namun, ternyata jagung tidak hanya mengandung karbohidrat, tetapi juga mengandung berbagai nutrisi penting dan bermanfaat lainnya.

Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain kalori, vitamin B1, vitamin A, kalsium, lemak, protein, fosfor, ferum, dan air.

Read More

Tidak hanya buahnya yang memiliki manfaat, air rebusan jagung juga memiliki berbagai macam khasiat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol.

Dengan mengonsumsi air rebusan jagung secara teratur, Anda dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jagung tidak hanya dapat dijadikan sebagai pengganti nasi yang lezat, tetapi juga sebagai alternatif sehat yang memberikan nutrisi dan khasiat penting bagi tubuh.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat air rebusan jagung bagi kesehatan, seperti merangkum dari berbgai sumber:

1. Menurunkan kadar gula darah

14 Cara Menurunkan Gula Darah yang Paling Ampuh - Alodokter

Jagung diketahui memiliki kandungan gula alami yang lebih sehat dikonsumsi bagi pengidap diabetes. Untuk menurunkan kadar gula darah, Anda dapat mencoba cara yang cukup mudah, yaitu merebus jagung bersama dengan tangkainya menggunakan air secukupnya.

Caranya adalah dengan memasukkan jagung dan tangkainya ke dalam panci, lalu tambahkan air secukupnya. Setelah itu, rebuslah jagung hingga air mendidih dengan api sedang. Pastikan jagung benar-benar matang dan empuk sebelum Anda mengambil air rebusannya.

Setelah jagung matang, tuangkan air rebusan jagung ke dalam gelas. Anda dapat menunggu beberapa saat hingga suhu air sedikit lebih hangat sebelum meminumnya. Pastikan air rebusan jagung tidak terlalu panas agar aman untuk dikonsumsi.

Dengan rutin mengonsumsi air rebusan jagung, Anda dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara alami. Jagung mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam tubuh. Selain itu, jagung juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan setelah dikonsumsi.

2. Mengatasi batu ginjal

Ternyata Ini 7 Cara dan Obat yang Bisa Bantu Mengatasi Penyakit Batu Ginjal  Secara Alami - Halaman all - Tribunjabar.id

Jagung, selain menjadi salah satu makanan yang lezat, juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu manfaatnya yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam mengatasi batu ginjal. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan batu ginjal, air rebusan jagung bisa menjadi solusi alami yang efektif.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda dapat mencoba resep air rebusan jagung berikut ini. Ambil 4 buah jagung muda dan tambahkan 1 genggam rambut jagung serta 8 helai daun keji beling segar.

Rebus semua bahan tersebut dengan 110 ml air hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan jagung tersebut dan minum secara rutin setiap hari.

Air rebusan jagung memiliki kandungan nutrisi yang berperan penting dalam mengatasi batu ginjal. Kandungan asam sitrat dalam jagung dapat membantu mencegah pembentukan kristal dalam ginjal yang menjadi penyebab utama terbentuknya batu ginjal.

Selain itu, air rebusan jagung juga memiliki sifat diuretik yang dapat membantu mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh melalui urine.

Dengan mengonsumsi air rebusan jagung secara rutin, Anda dapat membantu melarutkan batu ginjal yang ada dan mencegah terbentuknya batu ginjal baru. Namun, penting untuk diingat bahwa pengobatan alami ini tidak bisa menggantikan pengobatan medis yang direkomendasikan oleh dokter.

Jika Anda mengalami gejala yang parah atau tidak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Menurunkan kolesterol

Stop Kolesterol Tinggi? Hindari Konsumsi Makanan Ini dan Cara Menurunkan  Kolesterol - Baione Id - Halaman 3

Air rebusan jagung telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Khasiat ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi air rebusan jagung yang masih muda, karena jagung muda mengandung flavonoid yang memiliki tingkat antioksidan yang tinggi.

Flavonoid ini bermanfaat dalam mencegah penyempitan pembuluh darah, sehingga dapat mengendalikan kadar kolesterol dengan baik dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Untuk memanfaatkan manfaat air rebusan jagung ini, Anda dapat merebus 3 buah jagung muda tanpa kulit dengan 10 gelas air. Rebus jagung hingga air mendidih, kemudian saring air rebusan jagung yang telah jadi.

Air rebusan jagung siap dikonsumsi dan dapat diminum secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan mengonsumsi air rebusan jagung secara teratur, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantungmu. Jagung muda yang kaya akan flavonoid dapat membantu mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Dengan demikian, Anda dapat mengontrol kadar kolesterol dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Cara Menurunkan Darah Tinggi secara Alami dan Cepat Halaman all - Kompas.com

Air rebusan jagung telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jagung, seperti vitamin, mineral, dan serat, memiliki efek positif dalam menjaga kesehatan jantung.

Dalam proses merebus, nutrisi tersebut larut dalam air dan menghasilkan minuman yang kaya akan zat-zat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Untuk membuat air rebusan jagung, Anda perlu menyiapkan 5-7 buah jagung muda yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, tambahkan 1 genggam rambut jagung ke dalam panci yang berisi 200 ml air.

Rebus campuran tersebut hingga mendidih dan biarkan selama beberapa menit agar nutrisi dari jagung dan rambut jagung terlepas ke dalam air. Setelah itu, saring ramuan tersebut ke dalam gelas.

Air rebusan jagung ini dapat diminum rutin setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan serat dalam jagung dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, vitamin dan mineral yang terkandung dalam jagung juga dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Sumber : Liputan6

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *