9 Cara Agar Bisa Bangun Pagi

Abidintoto.news9 Cara Agar Bisa Bangun Pagi merupakan kebiasaan yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Dengan bangun pagi, seseorang dapat memiliki konsentrasi yang lebih baik, energi yang tahan lama, meningkatkan produktivitas, dan masih banyak lagi.

Namun, bagi sebagian orang kebiasaan ini tidak mudah untuk dilakukan. Terutama bagi mereka yang terbiasa menghabiskan malam dengan terjaga, sehingga saat pagi hari datang tentu rasa kantuk akan menyerang.

BACA JUGA : Jokowi akan Resmikan Bandara hingga Jalan Daerah

9 Cara Agar Bisa Bangun Pagi, Jika orang yang aktif pada pagi hari disebut sebagai ‘morning person’, maka tipe orang yang aktif pada malam hari disebut sebagai ‘night owl’.

Bagi kamu yang saat ini adalah seorang night owl yang ingin menjadi morning person, berikut 9 tips yang dapat kamu lakukan untuk membangun kebiasaan bangun pagi.

1. Tetapkan Waktu Tidur Lebih Awal

Tidur lebih awal merupakan langkah utama untuk memulai kebiasaan bangun pagi. Manusia dewasa umumnya memerlukan tidur selama 7-8 jam setiap malamnya. Dengan menetapkan waktu tidur, kamu juga akan menetapkan waktu bangun.

Ingat, kekurangan tidur dapat menyebabkan masalah lain bagi kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk tidur dalam waktu yang cukup dan kualitas tidur yang baik.

2. Berhenti Bermain Gadget

Jika kamu menargetkan tidur pukul 10 malam, maka pastikan kamu memutus segala penggunaan gadget, baik itu HP maupun laptop. Meskipun saat itu kamu belum mengantuk, tetap usahakan untuk jangan menyentuhnya.

Hal ini dapat menjadi semacam sinyal kepada tubuhmu bahwa sudah saatnya memasuki fase istirahat. Selain itu, tidur lebih awal tanpa gangguan teknologi dapat membuat tidur kamu lebih berkualitas.

3. Hindari Ngemil di Malam Hari

Dilansir dari Healthline, meskipun terdapat penelitian bahwa ngemil menjelang tidur dapat membantu menghilangkan rasa lapar yang mungkin muncul di tengah malam, namun penelitian lain menunjukkan bahwa ngemil malam dapat menimbulkan gejala yang kurang baik.

Hal ini dapat mempengaruhi penambahan berat badan karena memasukkan kalori berlebih. Selain itu, hal ini juga akan mempengaruhi pola makan apabila dilakukan secara terus-menerus.

4. Tidak Mengkonsumsi Kopi atau Minuman Manis

Bagi sebagian orang, minum kopi ataupun perasa manis lainnya bisa menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Namun, seseorang yang mengkonsumsi gula dan kafein secara berlebihan maka akan berdampak pada kualitas tidurnya. Mereka umumnya akan menjadi sulit tidur atau tidak nyenyak ketika tidur.

Oleh sebab itu, membatasi konsumsi kopi atau minuman manis sangat efektif untuk dilakukan bagi kamu yang ingin bisa bangun pagi. Agar tetap terhidrasi, kamu bisa mengonsumsi air putih atau teh tawar sebelum tidur.

5. Matikan Ringtone HP

Mematikan deringan HP dengan mode ‘jangan ganggu’ bisa menjadi cara ampuh agar kamu tidak penasaran dengan berbagai notifikasi yang datang. Dengan begitu, kamu tidak akan kembali mengecek HP yang akan mengganggu usaha tidurmu. Selain itu, suara notifikasi yang berisik juga tidak akan mengganggu kamu di tengah tidur.

6. Jangan Begadang

Melewatkan tidur malam merupakan hal yang harus dihindari bagi kamu yang ingin memulai aktivitas di pagi hari. Meskipun kamu begadang untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan, hal ini tetap tidak bisa dibenarkan sebab akan membuat kamu kekurangan tidur.

Dilansir dari Vice, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidak tidur malam sering mengalami gangguan kognitif seperti halnya orang yang meminum alkohol dengan kadar tertentu.

7. Matikan Lampu Saat Tidur

Dilansir dari Halodoc, tidur dengan mematikan lampu kamar atau kondisi gelap dapat meningkatkan kualitas tidur. Secara medis, tubuh menjadikan cahaya sebagai faktor untuk tubuh memberikan sinyal yang menunjukkan waktu-waktu tertentu.

Pada pagi hingga siang hari, saat keadaan terang, merupakan waktu tubuh untuk produktif dan beraktivitas. Sedangkan ketika memasuki waktu malam ketika suasana gelap, tubuh akan menangkap waktu ini sebagai istirahat.

8. Tidur dengan Tirai Terbuka

Ketika ingin tidur, kamu bisa memastikan untuk membuka sedikit tirai atau gorden kamu. Dengan begitu, sinar matahari pagi dapat masuk dan membantu kamu bangun secara alami. Apabila keesokan paginya sangat cerah, hal ini bisa menjadi cara yang efektif.

9. Letakkan Alarm di Sebelahmu

 

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bangun pagi yaitu meletakkan alarm tepat di sebelahmu. Dengan cara ini, suara alarm yang nyaring akan membangunkan kamu secara paksa. Kamu pun tidak memiliki alasan untuk menunda-nunda bangun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *