Di Balik Lompatan Harga Bitcoin Sentuh US$57.000

Di Balik Lompatan Signifikan Harga Bitcoin Sentuh US$57.000
Di Balik Lompatan Signifikan Harga Bitcoin Sentuh US$57.000

Abidintoto.news – Harga bitcoin kembali mencapai level US$57.000 pada perdagangan Selasa (27/2/2024). Level harga tertinggi dalam 3 tahun teakhir atau sejak akhir 2021. Dikutip dari Bloomberg, Selasa (27/2/2024), harga Bitcoin mengalami lonjakan sebesar 4,4%, mencapai US$57.039 sebelum mengalami penurunan dan diperdagangkan pada kisaran US$56.085 pada pukul 06.00 GMT di London, Inggris.

Level harga ini membuat Bitcoin telah meningkat 32% sejak akhir tahun (year-to-date). Fenome ini membuat aset kripto lain seperti Ether hingga Dogecoin juga diburu. Peningkatan harga Bitcoin didukung oleh masuknya dana bersih sebesar US$6,1 miliar ke sejumlah ETF Bitcoin yang mulai diperdagangkan di Amerika Serikat (AS) pada 11 Januari 2024.

Read More

Hal ini menunjukkan peningkatan minat pada Bitcoin di luar komunitas penggemar aset kripto yang sudah ada. Selain itu, pergerakan harga juga dipicu oleh upcoming halving Bitcoin.

Halving adalah periode para penambang Bitcoin memperoleh hasil lebih sedikit atas aktivitas yang mereka lakukan. Pada saat yang sama, biaya produksi setiap keping kripto yang membutuhkan komputer super cepat dan listrik ribuan watt tetap sama.

Akibatnya, para penambang menjual koinnya di harga lebih tinggi. Kelompok pengkoleksi aset kripto Bitcoin ini misalnya perusahaan perangkat lunak, MicroStrategy. Diketahui perusahaan ini baru saja membeli sekitar 3.000 token pada bulan ini, sehingga total kepemilikan perusahaan mencapai sekitar US$10 miliar dalam bentuk Bitcoin.

 

Source: Breakingnews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *