Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi: Waspada Terhadap Ancaman Aktivitas Vulkanik di Flores Timur, NTT

Gunung Lewotobi di NTT Kembali Meletus Abu Tebal ke Arah Utara

Abidintoto.news Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya yang mengkhawatirkan pada Sabtu (6/4/2024) pagi. Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki melaporkan bahwa erupsi terjadi tepat pada pukul 10.02 Wita, mencatat aktivitas seismik dengan amplitudo maksimum sebesar 7.4 mm dan durasi hampir 2 menit.

Ketinggian kolom abu yang teramati mencapai sekitar 200 meter di atas puncak gunung yang berdiri tegak sekitar 1.784 meter di atas permukaan laut (mdpl). Menurut keterangan dari Petugas Pos PGA Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa, kolom abu yang meletus memiliki warna dari putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, arahnya cenderung menuju ke utara.

Keprihatinan pun meluap kepada masyarakat sekitar dan para wisatawan yang harus berhati-hati ekstra. Mereka diimbau untuk menggunakan masker atau penutup hidung dan mulut demi menjaga sistem pernapasan dari bahaya abu vulkanik. Instruksi tegas juga diberikan agar tidak melakukan aktivitas apapun dalam jarak 2 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, serta dalam sektor 3 kilometer pada arah utara dan timur laut, serta 5 kilometer pada sektor timur laut.

Selain itu, ada ancaman lain yang perlu diwaspadai, yakni potensi banjir lahar hujan di sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung, terutama saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Bobyson menegaskan bahwa hingga saat ini, status Gunung Lewotobi Laki-laki masih berada pada level II waspada.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *