Logo Hari pendidikan Nasional 2024, Ini Maknanya!

Logo Hari Pendidikan Nasional 2024, Ini Maknanya
Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menyambut datangnya peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024, salah satunya dengan mengunggah logo peringatan Hardiknas 2024. Berikut makna logo Hari Pendidikan Nasional 2024 yang disertai dengan link downloadnya.

Abidintoto.news – Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menyambut datangnya peringatan hari Pendidikan Nasional 2024, salah satunya dengan mengunggah logo peringatan Hardiknas 2024. Berikut makna logo Hari Pendidikan Nasional 2024.

Mengutip dari laman resmi Sekretariat Jendral Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI, disampaikan mengenai penetapan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei didasarkan pada keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor Tahun 1959. Diketahui bahwa ditetapkannya hari Pendidikan Nasional di Indonesia bukanlah tanpa alasan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dari pemerintah dalam mewujudkan kepedulian terhadap pendidikan yang ada di Indonesia. Bukan hanya itu, penetapan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas setiap tahunnya juga sebagai Bapak Pendidikan Indonesia yang telah berjasa dalam dunia pendidikan bagi bangsa Indonesia.

Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kemendikbud Ristek RI dalam memperingati Hardiknas 2024 adalah dengan membagikan pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional 2024 sebagai panduan bagi masyarakat, terutama mereka yang terlibat di bidang pendidikan. Salah satunya dengan menetapkan tema hinga logo Hardiknas 2024.

Tema Hardiknas 2024

Merujuk dari Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional 2024, sejalan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 sebagai bulan Merdeka Belajar.

hal ini sejalan dengan tema yang ditetap kan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024. Adapun tema hardiknas 2024 adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Makna Logo Hari Pendidikan Nasional 2024

Makna Logo Hari Pendidikan Nasional 2024

Lantas seperti apa logo yang diusing pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024? Sejatinya, logo yang ditetapkan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun inisama seperti tahun-tahun sebelumnya. Apabila merujuk pada laman Ksps Tendik Kemendikbud Ristek RI, terdapat makna logo Hari Pendidikan Nasional 2024 yang perlu untuk diketahui oleh masyarakat.

Diketahui bahwa logo hardiknas adalah berwujud bintang yang disebut sebagai Bintang pendidikan. Pada logo tersebut dipilih warna-warni kombinasi dari biru, hijau, dan kuning.

Berbeda warna cerah yang dipilih ternyata mewakili semangat untuk berinovasi dan memaksimalkan kreativitas, terutama bagi generasi muda yang memiliki potensi dalam meningkatkan kemampuan intelektualnya. Selain bintang, elemen dalam logo hardiknas juga dilengkapi dengan pena dan wujud dari keceriaan.

Ternyata ada filosodi tersendiri mengenai elemen=elemen tersebut. berikut ini beberapa Filosofi dari masing-masing elemen Logo Hadriknas.

  • Bintang: Mewakili semangat Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah, terutama dalam mewujudkan generasi Indonesia yang memiliki kemampuan dalam hal cerdas berkarakter. Garis-garis yang ada di dalam logo tersebut mewakili semangat generasi Indonesia yang diharapkan dapat adaptif dan juga tangguh dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin dinamis dari waktu ke waktu.
  • Pena: Mewakili proses pendidikan yang termasuk dalam proses penciptaan mahakarya. Hal ini juga memerlukan kesadaran akan usaha untuk meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual sebagai perpaduan holistik selama pelaksanaannya.
  • Keceriaan: Mewakili suasana pendidikan yang diterapkan di Indonesia seperti dipenuhi rasa gembira, penuh antusiasme, hingga semangat gotong royong dan partisipasi publik dalam mewujudkannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *