Malaikat Turun pada Malam Lailatul Qadar, 1001 Malam

Malaikat Turun pada Malam Lailatul Qadar
Malaikat Turun pada Malam Lailatul Qadar

Abidintoto.news – Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Keberadaannya hanya ada pada bulan Ramadhan. Namun, orang-orang tidak mengetahui kepastian turunnya Lailatul Qadar.

Menurut ahli tafsir Al Qur`an, Prof Quraish Shihab dalam bukunya menjawab…? 1001 Soal Keislaman yang patut anda ketahui, malaikat-malaikat akan turun pada malam Lailatul Qadar. karenanya mereka yang mendapatkannya akan selalu mengarah pada kebaikan. Lalu, apa saja sebenarnya keutamaan dari Lailatul Qadar?

Read More

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Yusuf Qardhawi dalam bukunya Fiqih Puasa mengatakan Alquran dan sunnah telah memberikan isyarat akan keutamaan Lailatul Qadar. Keutamaan Lailatul Qadar tertuang dalam Surah Al-Qadr ayat 1-5:

ِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Innā anzalnāhu fī lailatil-qadr(i).

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatulqadar.”

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ
Wa mā adrāka mā lailatul-qadr(i).

Artinya: “Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu?”

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍ
Lailatul-qadri khairum min alfi syahr(in).

Artinya: “Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan.”

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ
Tanazzalul-malā’ikatu war rūḥu fīhā bi’iżni rabbihim min kulli amr(in).

Artinya: “Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.”

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
Salāmun hiya ḥattā maṭla‘il-fajr(i).

Artinya: “Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar.”

Dari surah Al-Qadr tersebut, kata Al-Qardhawi, jelas bahwa ketaatan dan ibadah pada malam Lailatul Qadar pahalanya jauh lebih tinggi dibadingkan bulan lainnya. Alquran mengagungkan malam Lailatul Qadar. Ia menisbatkannya pada al-qadr yaitu kedudukan dan kehormatan.

Kemudian, pada malam Lailatul Qadar malaikat turun membawa rahmat Allah, kedamaian dan keberkahan-Nya. Kedamaian hingga fajar. Tak hanya Alquran yang berbicara tentang keutamaan Lailatul Qadar. Banyak hadits yang juga berbicara.

Dalam Sahih Bukhari, dari hadis Abu Hurairah disebutkan, “Baragsiapa bangun pada lailatul qadar karena iman dan mengharap ridha Allah, diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dalam kitab Ash-Shaum).

Al-Qardhawi juga mengungkapkan tentang imbauan Nabi Muhammad agar tidak melewatkan malam Lailatul Qadar. Nabi Muhammad berkata kepada sahabatnya saat gelap malam Ramadhan telah menjelang, “Bulan ini telah hadir di tengah kalian. Padanya terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa terhalangi darinya berarti benar-benar telah terhalangi dari kebaikan seluruhnya. Tidak ada orang yang terhalangi dari kebaikannya kecuali orang yang terhalangi (dari kebaikan).” (HR Ibnu Majah dari Hadis Anas, sanadnya hasan sebagaimana tersebut dalam sahih Al-Jami’ Ash-Shaghir dan tambahannya nomor 2247).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *