Novel Baswedan Peran Presiden Jokowi Memilihan Anggota Pansel KPK

Novel Baswedan Mendorong Pemilihan Anggota Pansel KPK

Abidintoto.newsNovel Baswedan, seorang mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengemukakan bahwa Presiden Jokowi memiliki tanggung jawab untuk memilih anggota Pansel KPK yang berkualitas.

Novel Baswedan  Mendukung Pemilihan Anggota Pansel KPK

Dalam pandangan Novel Baswedan, hasil pilihan pansel KPK sebelumnya menghasilkan pimpinan yang rata-rata bermasalah. Ia menegaskan bahwa proses pemilihan harus dilakukan dengan cermat dan tidak semata-mata mengikuti rencana yang telah ditetapkan sebelumnya tanpa memperhatikan kualitas calon pemimpin.

Read More

Novel Baswedan menekankan bahwa Presiden Jokowi memiliki peran yang sangat penting dalam memilih anggota pansel KPK yang akan datang.

Sebagai pemimpin, Jokowi harus memastikan bahwa anggota pansel yang dipilih benar-benar independen, mandiri, profesional, serta memiliki kompetensi dan pengalaman yang dibutuhkan untuk memimpin KPK dengan baik.

Proses Seleksi Pansel KPK

Masa jabatan pimpinan dan Dewan Pengawas KPK akan berakhir pada bulan Desember 2024. Sesuai dengan ketentuan, Presiden akan membentuk panitia seleksi untuk menyaring calon pemimpin KPK periode berikutnya.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menegaskan bahwa Presiden akan menetapkan anggota pansel dengan memperhatikan koridor peraturan perundang-undangan.

Presiden juga bertujuan untuk memperkuat KPK dan sistem pemberantasan korupsi di Indonesia melalui pembentukan dan penetapan anggota Pansel KPK 2024.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *