Pemberangkatan Jamaah Calon Haji 2024: Antisipasi Kementerian Agama untuk Perjalanan yang Aman dan Lancar

Pemberangkatan Jamaah Calon Haji 2024: Antisipasi Kementerian Agama untuk Perjalanan yang Aman dan Lancar

Abidintoto.newsKementerian Agama Indonesia telah mengumumkan rencana pemberangkatan jamaah calon haji Indonesia untuk tahun 2024, menandai awal perjalanan spiritual mereka menuju Tanah Suci. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, menegaskan bahwa pemberangkatan akan dimulai pada 12 Mei 2024, dengan gelombang pertama menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah.

Dalam Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1445 H, jamaah gelombang pertama dijadwalkan tiba di Kota Madinah antara 12 hingga 23 Mei 2024. Mereka akan melanjutkan perjalanan ke Kota Makkah antara 21 Mei hingga 1 Juni 2024. Sementara itu, gelombang kedua akan diberangkatkan dari Tanah Air menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah pada rentang waktu yang sama.

Read More

Total kuota haji Indonesia tahun ini mencapai 241.000 orang, termasuk jamaah haji reguler dan khusus. Untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan, Kementerian Agama telah menyiapkan rencana yang rinci, termasuk jadwal pemulangan jamaah setelah menyelesaikan ibadah mereka.

Rincian rencana perjalanan juga mencakup jadwal masuk ke asrama haji dan perjalanan antara kota-kota suci Makkah dan Madinah. Jamaah gelombang kedua dijadwalkan tiba di Jeddah dari 24 Mei hingga 10 Juni 2024, sementara gelombang pertama akan dipulangkan mulai 22 Juni hingga 3 Juli 2024.

Untuk mendukung penyelenggaraan ibadah haji, Kementerian Agama telah menyiapkan 14 embarkasi di berbagai wilayah Indonesia. Dengan persiapan matang ini, diharapkan perjalanan jamaah calon haji dapat berlangsung dengan lancar dan penuh berkah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *