Serbuan Monyet Ekor Panjang Talaga Bodas

Abidintoto.news – Serbuan Monyet Ekor Panjang Talaga Bodas, Serbuan gerombolan monyet ekor panjang di kawasan wisata alam Talaga Bodas, Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat, cukup meresahkan pengunjung.

Mereka tak jarang mengganggu pengunjung, mengambil makanannya hingga melakukan penyerangan terhadap para tamu yang datang.

“Apalagi kalau datang babon (yang paling besar)monyet ekor panjang kadang dilihat pengunjung itu bukan menghindar, malah menyerang,” ujar Agus Cobra, salah satu pedagang kawasan wisata alam Talaga Bodas, Selasa (14/5/2024)

Menurutnya, serbuan monyet ekor panjang yang berasal dari hutan sekitar sudah berlangsung lama, mereka kerap datang secara bergerombol saat pengunjung menikmati kawasan wisata Talaga Bodas.

“Kekurangan makanan sebenarnya tidak juga, cuma melihat makanan yang terbilang baru seperti snack atau makanan lain, mereka jadi tertarik,” papar pria berkumis tebal tersebut.

Dalam sekali kedatangan, puluhan monyet ekor panjang Talaga Bodas itu terbagi dalam beberapa kelompok, sehingga terkadang satu sama lainnya melakukan pertengkaran yang mengkahwatirkan pengunjung.

“Ada saja satu monyet bukan koloninya atau anggotanya langsung disiksa sama anggota kelompok yang mereka masuki, saling serang,” kata dia.

Mohon Ditertibkan

Willy, salah satu pengunjung lokal Garut mengaku resah dengan kedatangan tersebut. Terlebih selain mengganggu juga kerap mengambil makanan milik anggota rombongannya.

“Tadi banyak makanan teman kelompok perempuan yang dicuri mulai nasi bungkus hingga snack,” kata dia.

Siswa Darul Huda Bayongbong, tersebut menilai kawanan monyet ekor panjang tersebut perlu ditertibkan agar tidak mengganggu para pengunjung wisata alam Talaga Bodas itu.

“Kami juga takut dan was-was apalagi kalau mereka menyerang kami,” kata dia.

Hal senada disampaikan Zamzam, pengunjung lainnya. Menurutnya, kedatangan puluhan ekor monyet ekor panjang itu mulai membahayakan pengunjung, saat menikmati berwisata di Talaga Bodas.

“Selain mencuri makanan kadang mereka menyerang pengunjung saat tidak diberi makanan, sayang keindahan wisata Talaga Bodas harus terganggu monyet,” kata dia.

Dengan semakin masifnya peredaran monyet ekor panjang di kawasan wisata Talaga Bodas, warga Sukahurip itu berharap ada upaya penertiban dari pemerintah.

“Minimal para pengelola bisa mengusir mereka, khawatir juga dengan pengunjung yang takut dengan monyet, bisa-bisa mereka tidak datang (berkunjung) lagi ke sini,” ujar dia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *