Siliwangi Solihin GP Tutup Usia

Abidintoto.news – Tokoh Jawa Barat Dan Siliwangi Solihin , Mantan Gubernur Jawa Barat dan perwira Kodam III Siliwangi Letjen TNI (Purn) Solihin GP tutup usia pada Selasa dini hari pukul 03.09 WIB.

Berdasarkan informasi yang diterima Abidintoto, di Bandung, Selasa, pria yang karib disapa Mang Ihin itu meninggal saat dalam perawatan di RS Advent, Kota Bandung.

Kabar meninggalnya Solihin GP pun dibenarkan oleh juru bicara keluarga sekaligus Kabid Infokom Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) Taufan Suranto.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Letnan Jenderal TNI Purn. H. Solihin GP (Mang Ihin) sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) pada usai 97 tahun pada hari Selasa, 5 Maret 2024 pukul 03.09 WIB di RS Advent Bandung. Semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan, aamiin YRA,” kata Taufan dalam pesan singkatnya.

Rencananya, almarhum akan dibawa ke rumah keluarga besar di Jalan Cisitu Indah, Dago, Bandung pada pukul 07.00-09.00 WIB. Kemudian, almarhum akan dibawa ke Mako II Kodam III Siliwangi di Jalan Sumbawa Nomor 22 Bandung sekitar pukul 09.30 hingga 12.30 WIB.

Solihin GP tutup usia pada Selasa dini hari pukul 03.09 WIB

Selanjutnya almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra sekitar pukul 13.30 WIB.

Solihin GP lahir pada 21 Juli 1926, ia merupakan mantan perwira TNI yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jabar pada 1970-1975.

Dikutip dari berbagai sumber, ia mengawali karier militernya ketika masa revolusi sebagai komandan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi.

Salah satu kiprahnya yang mencuat, yakni ketika ia mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut dengan gogo rancah.

Ia juga dikenal sebagai sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS).

Menurut Susi

Menurut Susi, Mang Ihin merupakan bapak bangsa yang berkharisma dan wejangannya masih didengar oleh tokoh-tokoh muda bangsa Indonesia.

Kendati masih menderita stroke ringan, namun dalam pertemuannya dengan Jokowi, Mang Ihin menyampaikan sejumlah pesan dan petuah bagi bangsa.

Salah satu pesannya yaitu pemimpin harus cinta dan sayang kepada rakyatnya dan tetap menjaga persatuan bangsa.

Solihin GP akan berusia 91 tahun pada 21 Juli nanti. Dia merupakan Gubernur Jawa Barat ke-10 pada 1970-1974 dan juga pernah menjabat sebagai Pangdam XIV Hasanuddin pada 1965-1968.

BACA JUGA : EVENT KICAU MANIA BERSAMA ABIDINTOTO

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *