5 Binatang Lucu yang Hidup di Alam Liar, Salah Satunya Mulai Terancam Punah

5 Binatang Lucu yang Hidup di Alam Liar, Salah Satunya Mulai Terancam Punah
5 Binatang Lucu yang Hidup di Alam Liar, Salah Satunya Mulai Terancam Punah

Abidintoto.news – Ketika membicarakan tentang binatang lucu, nama-nama seperti kucing, kelinci, anjing, atau hamster adalah yang sering disebutkan. Memang tidak bisa disangkal jika hewan-hewan yang sering dijadikan peliharaan ini memiliki pesona yang lucu dan imut.

Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa di alam liar sana juga terdapat banyak binatang lucu dan menggemaskan?

Dunia ini dihuni oleh jutaan spesies binatang yang bertebaran di berbagai daerah. Jadi tak mengherankan jika beberapa spesies dari binatang-binatang ini, terdapat binatang dengan bentuk dan rupa yang lucu hidup di ganasnya alam liar.

Sayangnya, beberapa binatang ini justru terancam keberadaannya. Hilangnya tempat tinggal dan perburuan menjadi penyebab paling umum yang dialami oleh sebagian besar binatang.

Meerkat

15 Fakta Hewan Meerkat yang Umumnya Hidup di Gurun Pasir | Orami

Binatang lucu yang pertama adalah meerkat. Meerkat adalah binatang yang berasal dari Afrika selatan, dan mereka adalah hewan sosial paling lucu di planet ini. Mereka hidup dalam kelompok besar, dengan jumlah hingga 30 ekor. Hewan ini dikenal dengan teknik bertahan hidup yang unik.

Teknik ini membutuhkan satu atau beberapa ekor meerkat dalam kelompok untuk duduk atau berdiri di luar liang tempat tinggal mereka untuk mengawasi predator. Cara bertahan hidup inilah yang dianggap oleh kebanyakan orang sebagai perilaku lucu dari hewan ini.

Meerkat juga memiliki rupa yang khas yang membuatnya juga terlihat lucu. Dengan kepala lebar, mata besar, telinga luar kecil, dan moncong runcing, membuat fitur wajahnya tampak lucu. Sementara meerkat dewasa memiliki daya tarik tersendiri, bayi meerkat bahkan memiliki pesona yang lebih menggemaskan, bahkan jika dibandingkan dengan kebanyakan bayi hewan.

Koala

Top 10 facts about Koalas | WWF

Binatang lucu yang kedua adalah koala. Siapa yang tidak tahu dengan boneka hidup yang satu ini. Marsupial yang endemik di Australia ini memang dianggap oleh banyak orang sebagai hewan yang lucu. Meski koala adalah hewan yang lucu, kita juga harus berhati-hati ketika berada di sekitar hewan ini. Gigi dan cakar mereka yang tajam, siap digunakan ketika diri mereka merasa terancam.

Sayangnya, status Koala saat ini terdaftar sebagai spesies yang “terancam,” dan jumlahnya semakin menurun sejak adanya kebakaran hutan Australia pada tahun 2020 ini.

Meskipun kehilangan habitat, kelangsungan hidup koala dapat terbantu oleh fakta sederhana, yang menganggap bahwa hewan ini lucu. Ya, orang lebih cenderung membantu menyelamatkan suatu spesies jika dianggap lucu.

Salah satu fitur utama yang dianggap menggemaskan pada koala adalah kepalanya yang besar dan bulat serta bentuknya yang kecil, mirip seperti sebuah boneka. Aspek lain, seperti fakta bahwa mereka tidur selama 20 jam sehari, bergerak lambat, dan memiliki telinga yang kabur tidak mengganggu daya tarik mereka yang luas.

Rubah Fennec

Siklus Hidup Rubah Fennec/Fennec Fox | Adearisandi's Blog

Rubah Fennec adalah spesies rubah kecil yang berasal dari Gurun Sahara dan Semenanjung Sinai. Binatang lucu ini beradaptasi dengan baik di lingkungan gurun. Ini tidak lepas dari peran telinga mereka yang besar. Pada mamalia, semakin besar telinga, semakin mudah mereka menghilangkan panas, yang juga menjadi alasan utama gajah afrika memiliki telinga terbesar di dunia.

Bagi Rubah Fennec, telinga mereka bukanlah satu-satunya adaptasi yang memungkinkan mereka untuk hidup di gurun. Ginjal dan mantel bulu mereka juga dirancang sedemikian rupa untuk memungkinkan mereka bertahan hidup di lingkungan yang panas dan minim air.

Ketika melihat bentuk binatang ini, kebanyakan orang akan menganggap hewan ini lucu dan menggemaskan. Ini tentu karena bentuk telinganya yang besar. Berat maksimumnya antara 2,9 hingga 4,3 lbs. (1,3 hingga 1,9 kg). Rubah Fennec memang masih belum dijinakkan, tetapi binatang lucu ini sering dijual sebagai hewan peliharaan eksotis.

Panda Merah

5 Ciri Fisik Panda Merah, Hewan yang Lucu dan Menggemaskan | Orami

Ketika Panda Merah pertama kali dideskripsikan oleh Frédéric Cuvier pada tahun 1825, dia menjulukinya sebagai “mamalia paling tampan yang pernah ada”. Binatang ini banyak dideskripsikan dengan berbagai cara, tetapi Seth Meyers memberikan gambaran yang paling baik dalam mendeskripsikan binatang lucu ini,

“Mereka seperti rubah dan rakun dan beruang dan anjing dan kucing. Mereka seperti campuran dari setiap hewan yang menggemaskan dalam satu tubuh.

Meskipun ini bukan deskripsi ilmiah, siapa pun yang telah melihat makhluk ini pasti akan setuju dengan pendapatnya. Panda Merah jauh lebih kecil dibanding panda pada umumnya, karena mereka memang bukan kerabat dekat. Ekor berbulu panjang mereka adalah salah satu yang membuat hewan ini disukai oleh orang-orang.

Meskipun memiliki daya tarik yang menggemaskan, panda merah adalah spesies yang terancam punah. Ancaman utama mereka adalah hilangnya habitat dari persaingan dengan ternak domestik, penggundulan hutan, dan perburuan, baik diburu hidup maupun mati.

Upaya konservasi telah dilakukan sejak 2008, dan spesies tersebut telah pulih di beberapa daerah. Selain itu, program penangkaran sebagian besar berhasil di seluruh dunia.

Quokka

Sunrise - Quokka Portrait Print – Quokka Hub

Quokka adalah marsupial kecil, yang tergabung dalam keluarga yang sama dengan kanguru dan walabi, yang merupakan binatang asli Australia. Mereka dikenal luas di seluruh dunia karena ekspresi wajah mereka yang unik, yang terlihat sangat mirip dengan wajah yang tersenyum. Wajah inilah yang akhirnya banyak disebarkan manusia secara online dalam beberapa tahun terakhir.

Quokka sangat disukai karena ekspresi wajah yang mereka tunjukkan. Kebanyakan orang yang bertemu hewan ini di alam liar, akan melakukan apa yang seharusnya tidak mereka lakukan, yaitu berfoto selfie dengan mereka. Ini memang menghasilkan gambar yang menggemaskan, namun juga mengakibatkan beberapa gigitan karena mereka adalah hewan liar.

Quokka umumnya tidak takut pada manusia, dan kegemaran mereka untuk tersenyum membuat mereka diberi julukan sebagai “hewan paling bahagia di dunia”. Tetapi, meskipun mereka terlihat lucu, mereka tidak boleh diajak berinteraksi di alam liar. Ini karena quokka terdaftar sebagai hewan yang rentan dan membutuhkan perlindungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *