Jangan Terkecoh, 4 Jenis Hewan yang Mirip Ular Padahal Jenis Hewan yang Berbeda

Jangan Terkecoh, 4 Jenis Hewan yang Mirip Ular Padahal Jenis Hewan yang Berbeda
Jangan Terkecoh, 4 Jenis Hewan yang Mirip Ular Padahal Jenis Hewan yang Berbeda

Abidintoto.news – Jenis hewan yang mirip ular, Biasanya, hewan pertama yang terlintas di benak kita saat melihat hewan bersisik, berbadan panjang, dan tidak berkaki kemungkinan besar adalah ular.

Selain bentuk tubuhnya yang tidak biasa, kadal ini terkenal dengan racunnya yang ampuh dan kumparannya yang kuat, Keluarga reptil ini terkenal sebagai salah satu yang paling menakutkan di alam liar.

Di balik itu semua, ternyata ada sejumlah spesies hewan yang meski termasuk dalam famili hewan yang berbeda, namun memiliki banyak ciri morfologi yang mirip dengan ular.

Beberapa di antaranya bahkan sering disebut sebagai keluarga ular sebenarnya karena kemiripannya.

Hewan manakah yang meskipun bukan ular, namun memiliki ciri fisik yang mirip dengan ular anggota keluarga ular? Nah berikut ini adalah 4 hewan yang mirip ular.

1. Belut ular

Belut Ular Bisa Menerobos Merobek Perut Pemangsanya Untuk Melarikan Diri -  ikons.id

Jenis hewan yang mirip ular yang pertama ada belut ular, Makhluk air kali ini sebenarnya adalah sejenis belut laut, namun berwujud ular. Dikenal sebagai ordo Ophichthidae, atau belut ular, keluarga belut yang mencakup 200 spesies.

Meskipun mereka dapat ditemukan di semua lautan di Bumi, wilayah tropis adalah tempat dimana mereka paling umum.

Belut ular tutul adalah jenis belut ular terbesar, yang panjangnya bisa mencapai 120 sentimeter.

Menurut Akuarium Waikiki, belut ular termasuk dalam kategori ikan. Oleh karena itu, ciri utama yang membedakan spesies ini dengan ular adalah adanya insang pada tubuhnya. Selain itu,

mereka licin, memiliki sirip punggung, dan tidak memiliki sisik di tubuhnya. Keluarga belut ular, seperti kebanyakan belut laut, juga menyembunyikan bangkainya untuk dimakan atau tidur.

Perbedaannya adalah mereka menggunakan ekornya yang kuat untuk membangun tempat persembunyian pasirnya sendiri.

2. Caechilian

Aquatic caecilian | Smithsonian's National Zoo and Conservation Biology  Institute

Jenis hewan yang mirip ular ke 2 yaitu caechilian, Ordo Gymnophiona berisi caecilian yang menyerupai persilangan antara cacing dan ular. Namun kenyataannya, keluarga makhluk ini terdiri dari amfibi tanpa kaki.

Panjang keluarga amfibi ini berkisar antara 8 cm hingga 152 cm. Saat ini diperkirakan ada 200 atau lebih spesies caecilian yang berbeda di dunia.

Banyak ciri-ciri kecil pada tubuh sesilia dan ular yang membedakan mereka satu sama lain. Caecilian dicirikan oleh mata kecilnya dan sepasang tentakel yang sangat sensitif terhadap bahan kimia di sekitar moncongnya.

Selain itu, kulit mereka lebih lembut dibandingkan kulit ular yang keras dan bersisik. Caecilian adalah jenis amfibi akuatik khusus yang unggul dalam menggali lubang. Beberapa dari mereka, lho, bernapas melalui kulitnya.

3. Kadal Kaca

7 Jenis Kadal Tanpa Kaki, Sekilas Mirip Ular

Jenis hewan yang mirip ular ke 3 yaitu ada kadal kaca, Keluarga kadal tak berkaki, termasuk kadal kaca (Pseudopus apodus), ditemukan di seluruh Eropa dan Eurasia. Ekornya yang mampu pecah dan pecah seperti kaca itulah asal muasal nama mereka.

Kadal kaca bisa tumbuh hingga panjang 120 sentimeter. Menarik untuk dicatat bahwa ekor kadal kaca saja mencapai hampir dua pertiga dari total panjangnya.

Kadal kaca menyerupai ular dan tidak memiliki kaki. Sebenarnya, kedua spesies ini berbeda dalam beberapa hal.

Ular tidak memiliki bukaan telinga, kelopak mata, dan sisik perut seperti yang terdapat pada kadal kaca.

Ya, kadal kaca merupakan reptil karnivora yang menghabiskan hari istirahatnya di dalam lubang. Mereka sering berhibernasi karena tubuh mereka sangat sensitif terhadap cuaca.

4. Belut Kongo

4 Hewan Ini Sering Dikira Ular, padahal Hewan Berbeda!

Jenis hewan yang mirip dengan ular ke 4 yaitu belut kongo, Ada tiga jenis salamander yang membentuk belut Kongo (Amphiuma).

Menarik untuk dicatat bahwa, terlepas dari namanya, belut Kongo terutama ditemukan di Amerika Utara. Biasanya salamander ini mencapai panjang 46–116 cm.

Menurut Britannica, bentuk fisik belut Kongo seringkali membuat orang salah mengira mereka ular.

Ciri fisik yang membedakan belut Kongo dengan hewan lain dalam daftar ini adalah ia memiliki dua pasang kaki pada tubuhnya yang panjang.

Sederhananya, kaki mereka sangat kecil sehingga hampir tidak terlihat menonjol. Hewan ini memiliki deretan gigi tajam di mulutnya, sehingga gigitannya sangat tidak menyenangkan.

Nah itulah 4 hewan yang mirip dengan ular semoga bisa menjadi pengetahuan kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *