olahraga

Hasil AVC U-20 2024: Timnas Bola Voli Putra Indonesia Melewati ke Perempat Final setelahnya Kalahkan Arab Saudi

Jakarta – Timnas Bola Voli Putra Indonesia melangkah ke perempat final Kejuaraan Asia AVC U-20 2024 atau Men’s U-20 Volleyball Championship 2024. Mereka melaju pasca mengalahkan Arab Saudi dengan skor 3-0 (25-20, 25-13, 25-19) pada laga kedua penyisihan Grup A  pada Jawapos Arena, Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam, 24 Juli.

Indonesia menekan sejak menit awal pada set pertama, Farchan Vachrezy lalu kawan-kawan tampil dominan melalui spike lalu blok yang dimaksud apik. Namun, Arab Saudi tetap memperlihatkan memberikan perlawanan melalui Rashad Abuelkhir, Ali Aljaber kemudian Ali Alsalam, hingga hampir menyamai Indonesia dengan skor 17-12.

Berkat ketangguhan anak asuh Coach Li Qiujiang itu, akhirnya mampu mengatasi set pertama dengan skor 25-20.

Set kedua, Arab Saudi mampu mengimbangi permainan Indonesia berkat spike yang dimaksud dibuat Rasheed Alsahli lalu Ali Aljaber kemudian sempat menyamakan kedudukan.

Darda Mulya memproduksi Indonesia kembali mengatur skor berkat kecerdikannya dengan menimbulkan dua poin berturut-turut.

Terlebih serangan-serangan Arab Saudi mampu diatasi oleh Agustino, Dawuda, juga Fahril hingga menciptakan skor makin menjauh menjadi 25-13, sekaligus mengakhiri set kedua.

Seperti halnya set sebelumnya, pada set ketiga Arab Saudi mampu memberikan perlawanan ketat terhadap Farchan Vachrezy dkk, hingga perolehan skor menjadi 14-14.

Namun kesalahan-kesalahan pada waktu servis yang tersebut dibuat anak asuh Mohamed Ali Ben Cheikh menyebabkan merekan tertinggal lagi.

Blok Dawuda Alaihi melakukan penutupan perlawanan Arab Saudi pada set ketiga terhadap Indonesia dengan skor akhir 25-19.

Komentar Manajer Indonesia

Manajer pasukan Indonesia Loudry Maspaitella mengaku belum puas dengan permainan timnya meskipun bisa saja menang mudah melawan Arab Saudi.

“Kalau untuk kemenangan tentu harus kami syukuri. Tapi saya selaku pembina juga mengikuti keseharian mereka. Saya belum puas dan juga harus mengingatkan ke teman-teman bukan boleh cepat puas,” kata beliau pada waktu ditemui pasca pertandingan.

Meskipun hasil merupakan proses, kata dia, namun masih ada kesulitan yang tersebut masih menjadi pekerjaan rumah anak asuh Li Qiujiang itu.

“Prosesnya yang mana masih bermasalah itu yang digunakan harus saya ingatkan terus,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, Indonesia masih beruntung pada laga kedua yang dimaksud dikarenakan Arab Saudi sejumlah melakukan kesalahan-kesalahan sendiri.

“Tadi kami beruntung Arab Saudi sejumlah melakukan kesalahan. Di regu Indonesia yang mana harus dalam evaluasi adalah kesulitan konsistensi. Begitu satu pemain melakukan kesalahan, secara beruntun teman-teman yang digunakan lain juga melakukan kesalahan,” ujarnya.

Komentar Pelatih Arab Saudi

Sementara itu, asisten instruktur Timnas Arab Saudi Abdullah Aljabr mengaku Indonesia merupakan salah satu pasukan yang kuat di kompetisi turnamen bola voli putra se-Asia ini.

“Indonesia adalah pasukan yang sangat bagus. Selain itu, regu kami hari ini bermain ketat dengan Indonesia. Namun detail kecilnya berbeda antara kami dan juga Indonesia,” ucapnya.

Pada laga selanjutnya melawan Hong Kong China, dirinya berharap timnya bisa jadi menang dan juga dapat melangkah ke sesi selanjutnya.

“Besok kami memiliki pertandingan yang dimaksud sangat penting. Karena jikalau besok menang lawan Hong Kong, Arab Saudi akan naik ke level berikutnya,” ujarnya.

Related Articles

Back to top button