Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Abidintoto.news – Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja, Kota Yogyakarta masih menjadi salah satu kota di Indonesia yang populer untuk tujuan wisata. Pasalnya kota ini memiliki pesona alam indah, keberagaman budaya, hingga sejarah yang kental.

Salah satu tempat yang ikonik di Yogyakarta adalah Stasiun Tugu Jogja yang menjadi tempat keluar dan masuk beberapa wisatawan dari kota lain menggunakan kereta. Melansir dari situs resmi Dinas Kebudayaan Jogja stasiun ini menjadi landmark yang menonjol.

Stasiun Tugu Jogja juga sudah berumur ratusan tahun dan memiliki sejarah panjang karena telah berdiri sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Diketahui stasiun ini mulai resmi beroperasi sejak tahun 1887.

Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

1. Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Kilometer Jogja merupakan tempat wisata yang lokasinya berada di tengah kota Yogyakarta. Tempat ini sering jadi spot populer wisatawan untuk bersantai atau menikmati kuliner di sekitarnya.

Melansir dari ulasan Google Titik Nol Kilometer Jogja memiliki rating 4.8 dari total 46.697 pengguna. Tempatnya identik dengan kawasan persimpangan dan strategis karena dekat dengan lokawisata.

iketahui tempatnya berada di Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. ⁠Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar di kota Yogyakarta yang menjual sejumlah produk termasuk barang seni. Pasar ini sering dikunjungi wisatawan untuk membeli oleh-oleh barang khas Yogyakarta.

Berdasarkan ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4.6 dari total 86.122 ulasan pengguna. Pasar ini juga termasuk pasar tertua yang memiliki nilai historis serta filosofis bersejarah.

Lokasi Pasar Beringharjo ada di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam buka setiap hari pukul 08.30 hingga 21.00 WIB.

Selanjutnya

3. ⁠Malioboro

Malioboro adalah kawasan wisata yang populer dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Malioboro merupakan kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga persimpangan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Berdasarkan sejarahnya Malioboro memiliki nama yang berasal dari seorang gubernur kolonial Inggris, Marquis de Mallowborough. Sejak dahulu Malioboro dikenal sebagai pusat perdagangan serta pertukaran budaya sejak zaman kerajaan Mataram.

Jalan ini telah merekam banyak peristiwa bersejarah sehingga menjadikan kota Yogyakarta memiliki identitas sebagai kota penuh budaya dan sejarah. Secara keseluruhan kawasan Malioboro terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo.

4. ⁠Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg merupakan tempat bersejarah dan menjadi saksi bisu atas peristiwa-peristiwa di Yogyakarta sejak pemerintahan Belanda masuk ke kota tersebut. Bangunannya memiliki bentuk yang khas sehingga tempat ini populer sebagai tempat wisata.

Melansir dari ulasan Google Museum Benteng Vredeburg memiliki rating 4.6 dari total 18.007 ulasan. Diketahui sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.

Saat ini Museum Benteng Vredeburg tengah direvitalisasi dan akan segera dibuka sekitar bulan Juni 2024. Lokasi museumnya ada di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berikutnya

5. ⁠Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul merupakan tempat wisata hits di antara warga lokal dan wisatawan dari luar kota dan mancanegara. Tempat ini berada di halaman belakang dari keraton Yogyakarta an sering menyajikan fasilitas menarik dari warga lokal.

Misalnya saja yang paling unik terdapat aktivitas menarik dengan bermain sepeda lampu atau odong-odong dengan dekorasi lampu yang unik. Melalui ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4.7 dari total 14.315 pengguna.

Lokasi Alun-Alun Kidul ada di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

6. ⁠Taman Sari

Taman Sari merupakan tempat wisata yang saat ini ramai dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang cantik dan menarik. Diketahui Taman Sari adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang bisa dimasuki wisatawan.

Bangunannya kental akan sejarah dan dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 hingga 1765. Berdasarkan dari ulasan Google tempat ini mempunyai rating 4.6 dari total 40.295 ulasan.

Taman Sari berlokasi di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *