olahraga

Selain Sevilla, siapa klub tersukses di dalam Kompetisi Europa?

DKI Jakarta –

Liga Europa merupakan kompetisi sepak bola tertinggi kedua di dalam Eropa pasca Kompetisi Champions. Kejuaraan ini sudah menjadi turnamen bagi sejumlah klub untuk memperlihatkan kualitas dan juga keterampilan mereka.

Sejak pertama kali bergulir pada musim 1971-1972, kejuaraan ini sudah menyaksikan berbagai klub yang dimaksud meraih kesuksesan yang besar. Seperti, Sevilla, Atletico Madrid, Juventus, kemudian beberapa klub besar lainnya.

Di antara klub-klub yang digunakan tampil di tempat liga tersebut, Sevilla FC menjadi klub yang tersebut sudah pernah mencatatkan diri sebagai regu tersukses di sejarah Piala UEFA atau Kompetisi Europa, dengan tujuh gelar kejuaraan yang tersebut diraih hingga kini, termasuk tiga kemenangan berturut-turut pada tahun 2014, 2015, kemudian 2016.

 

Sementara itu, Tottenham Hotspur mengungguli Piala UEFA pertama mereka pada musim 1971-1972, dengan total dua trofi. Selama periode 1971 hingga 2009, tiga klub besar—Inter Milan, Juventus, serta Liverpool—masing-masing berhasil meraih trofi yang disebutkan tiga kali.

Secara historis, tim-tim Spanyol mendominasi kompetisi dengan 14 kemenangan. Klub-klub Inggris juga Italia berada di area sikap kedua dengan masing-masing sembilan gelar. Sementara itu, tim-tim Jerman, termasuk yang digunakan berasal dari Jerman Barat, sudah pernah meraih trofi ini sebanyak tujuh kali.

 

Dengan demikian, Turnamen Europa pada waktu ini didominasi oleh klub dengan syarat Spanyol Sevilla FC, yang dimaksud telah lama meraih trofi sebanyak tujuh kali lalu bukan pernah kalah di partai final.

 

Dapat diketahui, tak ada regu lain yang dimaksud telah terjadi meraih kemenangan penghargaan Kejuaraan Europa lebih tinggi berbagai daripada Sevilla. Kejayaan terbaru mereka diraih melalui adu penalti pada final tahun 2023 melawan Roma yang mana dilatih José Mourinho.

 

Setelah Sevilla, dengan empat kelompok Inter Milan, Liverpool, Juventus, juga Atlético Madrid, masing-masing telah lama mengungguli kompetisi ini tercatat sebanyak tiga kali.

 

Selain klub-klub yang sudah disebutkan, berikut adalah daftar tim-tim lain yang mana sudah pernah berpartisipasi kemudian meraih trofi di tempat UEFA atau Kompetisi Europa sepanjang sejarah. Simak penjelasan lengkapnya di tempat bawah ini.

Halaman selanjutnya: Daftar klub dengan peraih trofi di area UEFA/Liga Europa dari masa ke masa

Related Articles

Back to top button