olahraga

Serba-serbi Menjelang Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Jakarta –  Olimpiade Paris 2024 akan dibuka pada Sungai Seine pada Jumat, 26 Juli 2024. Keseluruhan akan ada 32 cabang olahraga serta 329 medali emas yang digunakan diperebutkan. Pesta olahraga dunia ini akan berakhir pada 11 Agustus 2024.

Serba-serbi Olimpiade Paris 2024

1. Dipulangkan

Dua orang staf regu putri sepak bola Kanada, yakni asisten pembimbing Jasmine Mander kemudian analis taktik Joey Lombardi dipulangkan dari Olimpiade Paris 2024 dikarenakan ketahuan mengintip menggunakan drone di area lokasi latihan pasukan lawan.

Joey Lombardi pun kena hukuman percobaan oleh sebab itu menerbangkan drone di pembukaan latihan timnas Selandia Baru di area Stadion Geoffroy-Guichard Saint-Étienne pada pekan ini. AFP pada Kamis, 25 Juli, 2024, mewartakan Lombardi telah terjadi mengaku bersalah ketika disidang pada pengadilan Saint-Etienne pada Rabu, 24 Juli 2024.

Pelatih timnas putri Kanada, Beverly Priestman mengungkapkan dua orang itu sudah ada dicoret dari daftar staf kepelatihan. Mereka berdua dipastikan tak akan hadir di pertandingan antara Kanada Vs Selandia baru di tempat Stadion Geoffroy-Guichard. 

“Atas nama seluruh kelompok kami, pertama-tama saya memohon maaf terhadap para pemain kemudian staf kelompok Selandia Baru lalu untuk para pemain pasukan Kanada,” kata Priestman.

2. Kostum Atlet Indonesia

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyiapkan kostum kejutan untuk atlet Indonesia di upacara membuka Olimpiade Paris 2024. Hal ini diungkapkan oleh Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie.

“Untuk opening ceremony kelompok Indonesia ada 15 orang dengan kostum defile yang dimaksud masih menjadi kejutan,” katanya pada keterangan ditulis KOI yang mana diterima Tempo, Rabu, 24 Juli 2024.

Pembawa bendera dalam upacara inisiasi nanti, KOI telah terjadi menunjuk Judoka Maryam March Maharani sebagai pembawa bendera. Di belakang Rani, sapaan akrabnya, nanti akan segera ada atlet senam Rifda Irfanaluthfi, disertai atlet balap sepeda gowes Bernard Van Aert.

3. Kafe kemudian Tempat Makan Sepi

Olimpiade Paris 2024 akan dihadiri ribuan pengunjung dari berbagai negara. Meskipun demikian pemilik kafe-kafe di tempat sekitar sungai yang dimaksud membelah Paris itu mengeluh. Alasannya, kafe-kafe yang biasanya sibuk dengan aktivitas musim panas pada saat ini sepi. Penjagaan ketat mendekati Olimpiade membatasi pergerakan di area pusat kota, sehingga restoran-restoran sepi pengunjung.

“Tidak ada siapa-siapa,” kata Liliane Khalil, pemilik Aux Anystiers du Roy, seperti diambil dari Reuters, Senin, 22 Juli 2024.

Polisi sudah pernah memberlakukan zona keamanan di dalam sepanjang sungai, memasang penghalang logam untuk memagari lingkungan sekitar dan juga memerlukan izin. Siapa pun yang mana masuk ke area yang disebutkan perlu memindai QR code.

4. Atlet negeri Israel akan Dilindungi

Para atlet dari negara Israel yang digunakan berkompetisi di dalam Olimpiade Paris akan mendapat pemeliharaan 24 jam. Kepastian itu disampaikan Kementerian Dalam Negeri Prancis setelahnya anggota parlemen sayap kiri dalam Prancis menyampaikan atlet dari negara Israel tak diterima di area Prancis dan juga menggerakkan adanya unjuk rasa terkait hal ini.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gérald Darmanin di wawancara televisi pada Minggu, 21 Juli 2024, menyatakan atlet-atlet dari negeri Israel akan mendapat pengamanan selama mengikuti Olimpiade Paris. 

5. Celine Dion 

Pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan dibuka oleh penampilan Celine Dion, pada 26 Juli 2024. Variety melaporkan, Celine Dion tiba di tempat Paris, hotel Royal Monceau dekat Champs-Élysées, pada Senin, 22 Juli 2024. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, akan menjadi berita yang fantastis apabila Celine Dion hadir, sebab penyanyi Kanada yang disebutkan seniman besar internasional.

MARVELA | SUCI SEKARWATI | MILA NOVITA | RANDY FAUZI FEBRIANSYAH | NURDIN SALEH

Related Articles

Back to top button