olahraga

Tahapan latihan renang untuk pemula

Ibukota Indonesia – Berenang menjadi salah satu olahraga yang mana paling digemari, selain menyenangkan olahraga ini juga mempunyai berbagai faedah bagi kondisi tubuh tubuh.

Bila Anda merupakan seseorang pemula yang sedang belajar renang, terdapat beberapa tahapan di latihan renang yang dimaksud perlu Anda ketahui sebagai berikut:

1. Pemanasan

Seperti layaknya olahraga lainnya, renang pun memerlukan pemanasan. Apabila orang secara langsung berenang tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu, kemungkinan akan terjadi resiko kecelakaan pada waktu pada pada air. Karena itu, usahakan untuk melakukan pemanasan sebelum berenang.

2. Masuk kemudian pergi dari dari air dengan hati-hati

Meski terlihat sepele, masuk dan juga mengundurkan diri dari dari kolam renang dengan aman adalah salah satu keterampilan renang dasar pertama yang dimaksud harus dipelajari oleh siapapun yang dimaksud ingin melakukan olahraga ini.

Dengan memperhatikan hal itu, Anda dapat menghindari risiko terpeleset yang mana mengakibatkan terjadinya cedera. Selain itu sangat penting untuk mengetahui cara cepat mengundurkan diri dari dari kolam renang, apakah itu menggunakan tangga atau menarik diri sendiri ke melawan dan juga ke luar dalam area kolam yang tersebut tak memiliki tangga.

3. Latihan pernapasan

Meskipun rutin diabaikan, latihan pernapasan yang benar adalah salah satu keterampilan berenang yang paling penting juga dibutuhkan setiap orang untuk bertahan hidup di dalam di air. Langkah-langkah untuk latihan pernapasan adalah sebagai berikut:

  • Turunlah ke kolam renang bagian pinggir dengan berpegangan.
  • Masukkanlah kepala ke pada air untuk beberapa pada waktu lamanya.
  • Miringkanlah kepala Anda ke kanan atau ke kiri. Ketika kepala dimiringkan, maka pada waktu itulah kesempatan Anda untuk mengambil napas lewat mulut.

4. Latihan untuk mengambang

Tahapan selanjutnya adalah mempelajari cara untuk mengapung lalu menghentakkan kaki ke dasar air. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena, apabila Anda tak sengaja jatuh ke pada air atau tidak ada dapat mencapai tepi kolam, mengetahui cara mengapung atau menapak di tempat air dapat membantu Anda hingga seseorang datang untuk menolong.

Untuk mempelajari cara untuk mengambang di area air, Anda bisa saja mencoba berlatih di tempat kolam yang digunakan tidaklah terlalu di lalu mintalah bantuan orang lain untuk menggalang bagian punggung Anda ketika mengapung.

5. Berlatih mengkoordinasikan anggota tubuh

Untuk berenang, semua bagian tubuh harus bekerja sama. Anda perlu menggerakkan bagian punggung bawah, perut, dan juga pinggul secara bersamaan agar bisa saja terus bergerak maju. Tangan Anda akan memotong air terlebih dahulu, disertai oleh siku, lalu tubuh.

6. Berlatih untuk menendang

Mempelajari cara menendang juga merupakan keterampilan yang mana penting ketika berlatih renang. Untuk belajar cara menendang di tempat air, Anda dapat berlatih menendang dengan berpegangan pada sisi kolam, membiarkan tubuh mengapung kemudian menendang sambil menjaga tubuh bagian melawan tetap saja berada di dalam melawan air. Anda juga dapat menggunakan papan tendangan untuk menopang tubuh pada waktu Anda terbiasa menendang serta bergerak maju pada pada air.

7. Berlatih pergerakan renang dasar

Setelah menguasai hal-hal dasar terkait olahraga renang, Anda dapat mencoba beberapa pergerakan renang yang tersebut mudah. Anda sanggup mencoba berlatih aksi dasar renang gaya bebas. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Lakukanlah pergerakan meluncur dengan sikap badan tertelungkup lurus, sejajar dengan permukaan air.
  • Rapatkanlah kedua tangan di dalam samping telinga dengan lurus.
  • Gerakkanlah kaki ke menghadapi kemudian ke bawah secara bergantian. Inisiatif kaki dimulai dari pangkal paha.
  • Gerakkanlah tangan terus-menerus, perhatikan bahwa yang mana masuk ke air lebih lanjut dulu adalah ujung jari tangan.
  • Ingatlah pelajaran untuk mengambil napas. Ketika tangan ditarik ke belakang, maka kedudukan kepala cukup dimiringkan ke kanan atau ke kiri yang pada ketika itu digunakan untuk bernapas melalui mulut.

Itulah beberapa tahapan untuk latihan berenang yang mana perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button