6 Fakta Menarik Gunung Gawalise di Sulawesi Tengah

Abidintoto.news – 6 Fakta Menarik Gunung Gawalise di Sulawesi Tengah merupakan gunung yang terletak di Sulawesi Tengah, tepatnya berada di sisi barat kota Palu. Gunung Gawalise mempunyai ketinggian kurang lebih 2200 mdpl.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Rabu, 15 Mei 2024, Gunung Gawalise merupakan salah satu gunung ikonik di Palu dan menjadi asal nama stadion olahraga setempat. Jalur pendakian ke Gunung melalui Kelurahan Silae, tepatnya dari lokasi Taman Ria Palu atau di bibir pantai Teluk Palu.

Jarak ke titik pendakiannya hanya sekitar 20 menit dari bandara besar dengan penerbangan langsung ke Jakarta. Karena itu, banyak yang menilai Gawalise sebagai salah satu gunung yang paling mudah diakses di Indonesia.

Masih banyak hal mengenai Gunung Gawalise selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Gawalise yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com pada Rabu, 15 Mei 2024.

1. Pemandangan Lembah Palu

Pemandangan lembah, teluk, dan Kota Palu sangat indah dari lerengnya, namun permasalahan akses yang cukup besar masih terjadi di kaki gunung.  Gunung Gawalise termasuk gunung yang jalurnya bisa dikatakan ekstrem di daerah Kota Palu. Meski hanya mempunyai ketinggian di atas 2000 mdpl, gunung ini didaki mulai dari titik 0 mdpl.

Gunung yang terletak di barat Kota Palu ini sering dikunjungi oleh para pendaki yang ingin menghabiskan waktu libur akhir pekan, karena jaraknya yang sangat berdekatan dengan Kota Palu. Gunung yang didiami oleh Suku Kaili Da’a ini menawarkan pemandangan eksotik Lembah Palu, selain kita bisa melihat secara keseluruhan daerah Kota Palu.

2. Punya 3 Puncak Kecil

Gawalise sebenarnya berada di ujung utara pegunungan luas dari utara-selatan yang membentang beberapa kilometer di sisi barat lembah sungai Palu. Puncak di selatan pada rentang ini meliputi Bulu Nti dan Torompupu.

Gunung Gawalise memiliki tiga puncak kecil dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl. Bagian tengahnya merupakan puncak tertinggi, tetapi seperti puncak selatan yang jarang dikunjungi.

3. Rute Pendakian ke Gunung Gawalise

Akses ke Gawalise termasuk ideal karena bisa diakses para pendaki cukup mudah, dapat ditempuh sekitar 10 menit dari pusat Kota palu dengan angkutan umum. Hanya perlu satu jam perjalanan dari Pelabuhan Pantoloan atau cukup 15 menit dari Bandara Mutiara Palu.

Adapun rute paling mudah untuk mendaki Gunung Gawalise adalah dari Desa Desa Kalora (193 mdpl) yang terletak di ujung jalan melalui kawasan Silae. Sebelumnya, ini adalah titik awal yang normal bagi banyak pelajar pendaki lokal dan pecinta alam.

Namun, masyarakat lokal di Kalora baru-baru ini mulai melarang akses ke gunung tersebut dan ini sangat disayangkan. Jalur pendakian alternatif bisa mulai lebih jauh ke selatan dari Desa Salena.

4. Disarankan Mendaki di Malam Hari

Merupakan kebiasaan untuk mendaki Gunung Gawalise pada malam hari. Tujuannya adalah agar mencapai Batu Gantung di ketinggian 1.667 mdpl untuk melihat matahari terbit sebelum melanjutkan ke puncak utara dengan pilar triangulasi, bendera Indonesia dan tanda puncak di atasnya.

Hal ini terutama disebabkan oleh penggundulan hutan di gunung tersebut hingga melampaui Batu Gantung, yang berarti pendakian yang sangat panas dan berkeringat di bawah sinar matahari langsung. Karena itu, jika Anda mendaki pada siang hari, usahakan memilih hari yang berawan.

Ada beberapa pos dengan area yang cocok untuk sejumlah kecil tenda. Rencana perjalanan berkemah dua hari satu malam akan masuk akal dengan asumsi tidak ada masalah akses di Kalora.

5. Disarankan Berkemah

Berkemah menjadi opsi terbaik karena jaraknya hanya satu jam lagi ke Batu Gantung atau dua jam ke puncak utara. Selain itu, ada beberapa bagian berbatu yang sulit untuk dinegosiasikan di dekat Batu Gantung yang tidak mudah dilakukan dengan ransel besar.

6. Spot Berfoto Batu Gantung

Gunung ini merupakan pilihan alternatif para pendaki di Palu karena jaraknya yang cukup dekat dari pusat kota. Hanya sekitar 15 menit perjalanan mobil, kita telah sampai di kaki gunung. Namun tetap perlu bantuan guide warga lokal yang mengerti medan pendakian agar berada di jalur pendakian yang benar.

Tempat paling terkenal di Gunung Gawalise adalah Batu Gantung (1.667 mdpl). Seperti namanya, memang ada sebuah batu gantung yang bisa dipanjat oleh orang yang berani untuk berfoto.

Pemandangan di sini sangat indah, terutama saat fajar dan senja. Carilah tanaman edelweis dan kantong semar di area tersebut, namun berhati-hatilah karena terdapat lubang yang dalam di antara bebatuan di sini. Hanya beberapa menit setelah Batu Gantung terdapat area perkemahan lainnya (Pos 4) sebelum jalur memasuki hutan pada ketinggian sekitar 1.676 mdpl.

Anda mungkin akan melewatkan matahari terbenam dan terbitnya matahari di Batu Gantung jika tidak tepat menghitung waktu mulai pendakian. Pendaki dapat mempertimbangkan untuk mendaki pada malam hari saat fajar di sana sebelum melanjutkan ke pilar penanda titik tertinggi gunung dan kemudian langsung turun kembali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *