5 Fakta Menarik Tentang Harimau Sumatra

Abidintoto.news – Harimau sumatera, satu dari enam sub-spesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini masuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah.5 Fakta Menarik Tentang Harimau Sumatra, Dikutip dari ksdae.menlhk.go.id, populasi harimau sumatera hanya tersisa sekitar 400 ekor, di dalam blok-blok hutan dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

Ciri-ciri khusus harimau sumatera atau atau Panthera tigris sumatrae berwarna kulit paling gelap dibanding seluruh jenis harimau, mulai dari kuning kemerahan hingga oranye tua.

Berikut Fakta Menarik Tentang Harimau Sumatra :

BACA JUGA : Jangan Lewatkan Sinetron Bidadari Surgamu

1. Pola garis

Fakta Menarik Tentang Harimau Sumatra, Harimau Sumatra memiliki bulu berwarna oranye dengan garis-garis hitam yang lebih sempit dan lebih banyak dibandingkan dengan subspesies harimau lainnya. Pola garis pada Harimau Sumatra bergaris vertikal.

Pola garis pada satwa ini cenderung lebih gelap. Sementara dibadning harimau Jawa memiliki garis yang lebih jarang dan warna yang lebih terang.

2. Berburu

Harimau Sumatra ,Mereka dapat berburu sendirian pada umur 18 bulan, dan pada umur 2 tahun anak harimau dapat berdiri sendiri. Selain itu Harimau Sumatra dapat hidup selama 15 tahun di alam liar, dan 20 tahun dalam kurungan.

3. Ukuran Tubuh

Fakta yang ketiga terdapat pada ukuran tubuh Harimau Sumatra yang lebih kecil dari Harimau Jawa.

Ukuran tubuh dari Harimau Sumatra lebih kecil, dengan panjang tubuh antara 220-260 cm dan berat antara 100-140 kg untuk jantan, serta panjang tubuh antara 190-240 cm dan berat antara 65-110 kg untuk betina.

4. Gigitan Kuat

Fakta selanjutnya terkait Harimau Sumatra terdapat pada kekuatan gigitannya. Kekuatan gigitan Harimau Sumatra sendiri sangat kuat, yaitu mencapai 450 kilogram gaya yang mampu mencabik-cabik mangsanya.

5. Hewan Purba

Harimau Sumatra termasuk ke dalam golongan hewan purba. Jangan menyangka jika Harimau Sumatra adalah sub-spesies yang baru lahir.

Harimau dikenal sebagai Miacids yang hidup pada akhir zaman Cretaceous kira-kira 70-65 juta tahun yang lalu semasa zaman dinosaurus di Asia Barat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *