Olahraga Aman Saat Puasa? Ini Tips Jitu dari Dokter Spesialis UI!

Olahraga Aman Saat Puasa? Ini Tips Jitu dari Dokter Spesialis UI!
Olahraga Aman Saat Puasa? Ini Tips Jitu dari Dokter Spesialis UI!

Abidintoto.news Olahraga saat berpuasa menjadi tantangan tersendiri. Kendati sedang puasa, namun bukan menjadi halangan untuk berolahraga. Namun agar puasa dan olahraga bisa efektif, ada tips khusus yang diberikan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olah Raga sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI), dr. Risky Dwi Rahayu, Sp.KO.

“Olah raga tetap dianjurkan saat berpuasa. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti waktu, durasi, dan intensitas yang tepat dalam berolahraga,” katanya, Kamis (21/3/2024). Dijelaskan, ada tiga waktu terbaik yang dapat dipilih untuk melakukan latihan fisik saat berpuasa. Pertama, setelah sahur.

Read More

Dengan berolahraga setelah sahur, cadangan energi masih optimal, tetapi terdapat risiko dehidrasi karena harus berpuasa sampai waktu berbuka tiba.

Kedua, sebelum buka puasa. Keuntungan dari berolahraga sebelum berbuka puasa adalah setelah selesai berolahraga, dapat langsung makan dan minum untuk pemulihan dan hidrasi, tetapi cadangan energi sebelum latihan fisik lebih sedikit.
Ketiga, setelah berbuka puasa.

Pada waktu tersebut, sudah ada energi sebelum mulai berolahraga dan dapat rehidrasi dengan mudah. “Dengan melihat jadwal latihan yang direkomendasikan tersebut, sebaiknya lakukan latihan fisik dengan intensitas ringan atau intensitas sedang pada waktu setelah sahur dan sebelum berbuka.

Sementara itu latihan intensitas tinggi bisa dilakukan setelah berbuka puasa. Lebih lanjut, latihan fisik dapat dilakukan baik di dalam atau di luar ruangan. Beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan saat berpuasa adalah brisk walk atau jalan cepat, jogging, bersepeda, senam tai chi, senam aerobik atau zumba, pound fit, yoga, dan pilates,” ujarnya

Source : viva.co.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *