nasional

Profil singkat Befa Yigibalom, cagub Papua Pegunungan pemilihan gubernur 2024

DKI Jakarta – Befa Yigibalom maju sebagai calon gubernur Papua Pegunungan pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024.

Dalam pemilihan gubernur 2024 Papua Pegunungan, Befa Yigibalom dipasangkan dengan Natan Pahabol sebagai calon perwakilan gubernur.

Pasangan ini diusung oleh partai politik, di area antaranya Partai Perindo, NasDem, PKS, PSI, juga PKN.

Lahir di area Lanny Jaya, Papua 15 Juni 1972, Befa Yigibalom sebagai salah satu politisi yang tersebut cukup dikenal dalam Papua.

Befa Yigibalom pernah dipercaya menjabat dua periode sebagai Kepala Kabupaten Lanny Jaya yakni periode 2011-2016 dan juga 2017-2022.

Selain itu, Befa Yigibalom juga pernah menjabat sebagai ketua Asosiasi Kepala Daerah Se-Pegunungan Tengah pada tahun 2018.

Befa Yigibalom ditunjuk untuk melanjutkan kepemimpinan Ketua Asosiasi yang digunakan dulu dijabat oleh Lukas Enembe.

Asosiasi Pimpinan Daerah Se-Pegunungan Tengah tergabung di beberapa bupati diantaranya Kepala Daerah Lanny Jaya, Kepala Daerah Mamberamo Tengah, Pimpinan Daerah Yalimo, Pimpinan Daerah Jayawijaya, Pimpinan Daerah Nduga, Kepala Kabupaten Tolikara, Kepala Kabupaten Yahukimo, Kepala Daerah Pegunungan Bintang, Kepala Kabupaten Puncak Jaya, Kepala Kabupaten Puncak.

Befa Yigibalo mempunyai latar belakang sekolah dari Universitas Cenderawasih, Jayapura. Ia juga sebagai kader dari Partai NasDem juga menjabat sebagai Ketua DPW Partai NasDem Papua Pegunungan.

Dalam pemilihan kepala daerah 2024, Befa Yigibalom-Natan Pahabol resmi mencalonkan sebagai cagub juga cawagub Papua Pegunungan dan juga telah lama mendaftar ke KPUD Provinsi Papua Pegunungan pada 28 Agustus 2024.

Sebagai informasi, Provinsi Papua Pegunungan merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) dalam Papua yang pertama kalinya akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur serta Wakil Gubernur 2024.

Related Articles

Back to top button