nasional

Profil Gabriel “Gebi” Asem, cagub Papua Barat Daya pada pemilihan gubernur 2024

DKI Jakarta – Pimpinan Daerah Tambrauw, Gabriel Asem resmi mencalonkan diri menjadi calon gubernur Papua Barat Daya pada pemilihan gubernur 2024 dengan dengan Lukman Wugaje sebagai wakilnya.

Gabriel – Lukman yang dikenal dengan sebutan pasangan GAUL ini diusung Partai Perindo, Hanura serta Gelora.

Gabriel Asem atau biasa disapa Gebi adalah politikus yang tersebut tergabung dengan Partai Golongan Karya lalu menjabat sebagai Kepala Daerah Tambrauw tahun 2017.

Gebi mengawali kariernya sebagai pegawai negeri sipil dalam Kota Sorong sebelum pemekaran menjadi Wilayah Tambauw. Gebi sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PDAM Kota Sorong.

Di Wilayah Tambrauw, jabatan terakhir yang digunakan diemban Gebi adalah Kepala Dinas Pendapatan, Aset, juga Keuangan Daerah (DPKAD) hingga akhirnya ia memutuskan untuk terjun ke dunia kebijakan pemerintah serta menjadi bupati.

Awal perjalanan kebijakan pemerintah Gebi adalah dengan terpilihnya beliau sebagai Pimpinan Daerah Tambrau pada pemilihan gubernur 2011. Dia berpasangan dengan Yohanes Yembra sebagai wakilnya. Mereka berhasil medapatkan pendapat terbanyak yaitu dengan meraih 45,93% kata-kata sah yang mana menimbulkan mereka akhirnya terpilih sebagai bupati serta perwakilan bupati Tambrauw.

Berhasil dengan periode pertamanya menjadi bupati, Gebi kembali mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah Tambrauw 2017 lalu didukung oleh 8 partai politik.

Pada pemilihan ini Gebi berpasangan dengan Mesak Metusala Yekwan sebagai calon bupatinya. Pasangan Gebi-Yekwam berhasil meraih 87,07 persen pernyataan sah kemudian terpilih sebagai bupati Tambrauw pada tahun 2017.

Gebi dianggap sebagai salah satu bupati yang mana paling berpengaruh di dalam Papua Barat, selama menjabat sebagai bupati Gebi memverifikasi akan ketersediaan air bersih di tempat 29 distrik juga 216 kampung, membuka akses jalan ke semua distrik, lalu mendirikan PLTMH Warabiyai. Gebi dianugerahi Satya Lencana Pembangunan oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada tahun 2017 berkat hasil kerjanya tersebut.

Selain sukses di tempat bidang politik, Gebi juga merupakan seseorang yang berpartisipasi di berbagai organisasi. Dia merupakan Ketua Umum Pengurus Daerah KAGAMA Papua Barat dari tahun 2018 hingga ketika ini.

Gebi juga pernah menjabat sebagai Ketua KMK Pascasarjana UGM yang mana dimana UGM merupakan almamaternya.

Related Articles

Back to top button