politik

Terima Kunjungan PM Papua Nugini, Prabowo Bahas Kerja Sama hingga Pertukaran Perwira Muda

JAKARTA – Menteri Keamanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, pihaknya akan mempererat hubungan kerja sebanding yang digunakan antara Indonesia dan juga Papua Nugini. Hal itu diungkap Prabowo pada waktu menerima kunjungan Awal Menteri (PM) Papua Nugini, James Marape, pada Kementerian Pertahanan, Jakarta, Awal Minggu (15/7/2024).

“Saya sudah ada menawarkan sejak tahun lalu untuk lembaga lembaga pendidikan dalam TNI terbuka untuk pemuda-pemudi dari PNG, perwira-perwira muda mereka, taruna-taruna mereka, kami undang. Sekarang telah dari Timor Timur di area Akmil Magelang. Juga untuk Universitas Keamanan kami juga membuka kesempatan untuk mereka. Mereka sangat menghargai,” kata Prabowo.

“Pokoknya kita ingin memelihara hubungan yang baik. Mereka juga mempunyai filosofi yang mana sebanding dengan kita. Mereka ingin menghormati semua negara, semua kekuatan. Kita punya pandangan hampir serupa menghormati semua negara,” sambungnya.

Di sisi lain, Prabowo juga turut mengkaji kerja sebanding sejenis pertahanan di area perbatasan, juga mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia kemudian Papua Nugini sangat baik.

“Kerja sebanding kita sangat baik dan juga kita harus tahu bahwa sejumlah sekali warga yang mana di tempat perbatasan itu berada di tempat kedua bagian dari perbatasan. Mereka sangat menghormati kedaulatan kita,” katanya.

Di akhir pertemuan, keduanya juga menyempatkan berfoto bersatu sembari bertukar cenderamata. James memberi kendang tradisional Papua Nugini ke Prabowo, sebaliknya, Prabowo memberi cenderamata dalam bentuk Keris.

Prabowo kemudian mengantar James hingga masuk ke di mobilnya seraya keduanya berpamitan lalu mengucapkan terima kasih.

Back to top button